Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dimulai Hari Ini

Yovie Wicaksono - 11 April 2020
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak (tengah) saat jumpa pers di Gedung Negara Grahadi, Jumat (10/4/2020). Foto : (JNR)

SR, Surabaya – Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengatakan, proses pendaftaran Kartu Pra Kerja yang digagas pemerintah pusat terkait dampak dari wabah Coronavirus Disease (Covid-19) akan dimulai pada Sabtu (11/4/2020), melalui website www.prakerja.go.id. 

Saat ini, Pemprov Jatim telah mengusulkan lebih dari 60 ribu nama ke pemerintah pusat untuk diprioritaskan masuk program pra kerja. 

“Kami mengusulkan by name by address baik yang mengalami PHK sebelum masa Covid-19 yaitu 43 ribu orang, maupun yang PHK saat masa Covid-19 sejumlah 3.315 orang per 9 April,” ujar Emil di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (10/4/2020). 

Selain itu, Pemprov Jatim juga mengusulkan tenaga kerja yang dirumahkan semasa Covid-19 sebanyak 20.036 orang dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sudah selesai kontraknya dan ingin berkarir di Indonesia sebanyak 1.633 orang.

“Tapi perlu dipahami bahwa tidak ada kuota spesifik untuk masing-masing provinsi, tapi memang ada data yang diminta oleh Kementerian Ketenagakerjaan yang dikomunikasikan dengan Project Management Office (PMO) untuk pra kerja,” ujarnya.

Walaupun diusulkan oleh Pemprov Jatim, nama-nama tersebut tetap diproses dengan melakukan komunikasi langsung dengan nama yang telah diusulkan. 

“Disortir mana yang kemungkinan cocok profilnya dengan program pra kerja, jadi memang diberikan untuk upskilling atau reskilling,” jelasnya.

“Walaupun memang ada manfaat tunainya yang diperoleh tiap bulan tetapi intinya adalah pelatihan online melalui provider digital yang telah ditetapkan melalui melalui website www.prakerja.go.id,” imbuhnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.