Difabel Daksa Warnai Kampung dalam Perlombaan Surabaya Smart City 2022

Yovie Wicaksono - 15 November 2022
Jamaludin saat melukis logo G20 di dinding kampung untuk memeriahkan Surabaya Smart City (SSC) 2022, Senin (14/11/2022). Foto : (Super Radio/Afriyan)

SR, Surabaya – Lomba Surabaya Smart City (SSC) 2022 yang memasuki penilaian ke 75 besar, mendorong semangat gotong royong warga RW 03 Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Surabaya memberikan hasil terbaik.

Seluruh warga terlibat dalam kegiatan penyambutan juri dan penghiasan kampung, tak terkecuali Jamaludin, difabel daksa warga RT 05, RW 03.

Saat itu, pria yang akrab disapa Jamal ini, membuat mural logo Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di ujung gang yang merupakan tempat akhir penilaian.

Dirinya mengaku mempunyai spirit yang sama seperti KTT G20. Menurutnya KTT G20 memberikan semangat bangkit kembali, pulih dari pandemi Covid-19 dan perekonomian, sama halnya dengan bangkit dari keterpurukan dan terus berkarya.

Di momen perlombaan SSC ini, pria yang pernah mengalami kecelakaan kerja hingga membuat kakinya lumpuh total ini selain melukis logo KTT G20 di dinding, juga membuat mural di beberapa titik wilayah RW 03 dengan dominasi lukisan alam yang dibuat tanpa sketsa mulai dari air terjun, laut, dan gunung.

“Inikan kota, ketika melihat ada lukisan pemandangan rasanya sejuk,” katanya, Senin (14/11/2022) sore.

Untuk membuat satu mural, Jamal hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Ia biasa mengerjakan pada 19.00 – 24.00 WIB.

“Kalau sudah kesulitan, dibantu teman dan warga,” imbuhnya.

Total ada 8 lukisan dinding dengan ukuran yang berbeda-beda sudah dibuat Jamal untuk perlombaan SSC ini.

“Paling panjang mural 12 meter dengan proses pengerjaan 2 hari,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Simokerto Junaedi Abdilah sangat bangga akan semangat dan kepedulian Jamal pada lingkungannya.

“Dengan keterbatasan beliau, tidak membatasi ruang geraknya untuk mewarnai lingkungannya. Saya salut dengan Pak Jamal, luar biasa,” kata Junaedi. (vi/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.