Petra Shuttle Bus, Solusi Urai Kemacetan di Kawasan Siwalankerto

Yovie Wicaksono - 11 April 2022
Jennifer Annebeal (baju hitam) dan Jennifer Catherin, mahasiswi UKP saat akan menaiki bus di Pakuwon Mall. Foto : (Humas UK Petra)

SR, Surabaya – Menyambut kegiatan belajar mengajar semester genap, Universitas Kristen (UK) Petra meluncurkan Petra Shuttle Bus, sarana transportasi yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan staf UK Petra di kawasan Surabaya Barat (PTC) menuju kampus UK Petra di Surabaya Selatan.

Peluncuran ini dilakukan di Gedung P kampus UK Petra dengan melepas beberapa mahasiswa saat menggunakan dua bus untuk pertama kalinya pada Senin (11/4/2022).

Peluncuran Petra Shuttle Bus ini mendukung surat edaran dari rektor untuk meminta para mahasiswa UK Petra yang minimal telah divaksinasi COVID-19 dosis kedua serta berdomisili di area Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Bangkalan) untuk kembali menjalankan perkuliahan secara luring (kembali ke kampus).

Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng mengatakan, penambahan fasilitas baru ini salah satu harapannya untuk mengurai kemacetan di sekitaran akses menuju kampus UK Petra, Jalan Siwalankerto. Selain itu, dengan adanya bus ini, maka sebagai alternatif media transportasi untuk area Surabaya Barat ke UK Petra.

“Sehingga para Petranesian yang berlokasi di Surabaya Barat tidak perlu membawa kendaraan pribadi untuk menuju kampus UK Petra,” ujar Prof Djwantoro.

Standar keamanan pun tetap di perhatikan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pembersihan dan sanitasi rutin hingga fogging.

Untuk dapat mengakses bus ini harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Petra Shuttle Bus di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS secara gratis. Aplikasi ini dibuat oleh mahasiswa prodi Informatika UK Petra yaitu Kevin Jonathan dan Michelle Christiana Chandra dibawah bimbingan Prof. Dr. (HC) Rolly Intan, Dr.Eng.

“Sementara ini jadwal operasional dua bus mulai hari Senin-Jumat dengan 12 jadwal. Tiap bus mendapatkan masing-masing enam jadwal. Yaitu pukul 06.00 dan 07.00, 08.00 dan 09.00, 10.00 dan 11.00, 12.00 dan 13.00, 14.00 dan 15.00 serta 16.00 dan 17.00. Kapasitas penumpang dalam bus ini sejumlah 20 orang tiap busnya,” ujar kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) UK Petra, Endo Wijaya Kartika.

Adapun titik penjemputan dan keberangkatan bus di UK Petra ini dapat ditemukan di Selat gedung P dan Q, sedangkan di PTC dapat ditemukan di Lobby Home Pro PTC, Surabaya.

Terkait peluncuran ini, Ketua BEM UK Petra, Widi Santoso Wijanarko mengaku mengapresiasi inovasi tersebut lantaran sebagai mahasiswa yang tinggal di daerah Surabaya Barat, dirinya merasakan lelahnya perjalanan dari Barat ke Selatan.

“Dengan adanya bus ini maka dapat menghemat biaya dan tenaga. Semoga kedepannya rute bisa diperbesar supaya lebih versatile dan jangkauannya lebih luas. Sehingga Petranesian yang tidak tinggal di Surabaya Barat bisa di akomodasi,” katanya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.