Hari Pahlawan, Momentum untuk Terus Berinovasi

Yovie Wicaksono - 10 November 2019
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam upacara Hari Pahlawan 10 November 2019 yang digelar di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (10/11/2019). Foto : (Herlambang JNR)

SR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kembali jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat upacara Hari Pahlawan 10 November 2019 yang digelar di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (10/11/2019).

“Pada 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut, rakyat bersatu padu berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” kata Khofifah selaku inspektur upacara.

Khofifah mengatakan, Hari Pahlawan harus sebagai momen untuk terus berinovasi. Mantan Menteri Sosial itu berharap, generasi muda penerus bangsa menjadikan 10 November sebagai momen untuk tetap menjaga keutuhan bangsa. 

“Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019, aku pahlawan masa kini,” tambahnya.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan bahwa tema “Aku Pahlawan Masa Kini” berarti setiap individu bisa menjadi pahlawan dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Setiap masa memiliki tantangan masing-masing. Khofifah mengatakan, tantangan menjaga keutuhan bangsa hari ini berbeda dengan tantangan pada masa lalu.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan,” kata Khofifah.

Pada kesempatan itu, Khofifah juga menyoroti perkataan Proklamator Bung Karno yang menyebut jika bangsa yang besar adalah bangsa yang pandai menghargai jasa para pahlawannya. Untuk itu, dia ingin peringatan Hari Pahlawan ini membangkitkan rasa cinta pada para pahlawan.

“Peringatan Hari Pahlawan ini kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Bagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 adalah Aku Pahlawan Masa Kini, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun yang memperkuat keutuhan NKRI,” pungkasnya. (*/red)

 

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.