PPKM Diperpanjang, Beberapa Aturan Dilonggarkan

Yovie Wicaksono - 6 September 2021
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar saat Konferensi Pers Virtual, Senin (6/9/2021). Foto : (Super Radio)

SR, Jakarta – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar menyatakan, perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa dan Bali akan dilangsungkan hingga 13 September 2021.

Pada penerapan kali ini, pemerintah akan memberlakukan pelonggaran aturan di beberapa sektor. Diantaranya, pada kebijakan makan di tempat atau dine in dalam mall yang diperpanjang menjadi 60 menit dengan kapasitas 50 persen, serta uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota dengan level 3.

“Akan dilakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota dengan level 3 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi platform PeduliLindungi. Serta kabupaten/ kota level 2 juga akan diwajibkan menggunakan PeduliLindungi pada tempat wisata yang sudah diperbolehkan buka,” kata Luhut Binsar pada konferensi pers virtual, Senin (6/9/2021).

Kemudian, guna meminimalisir penularan virus Covid-19, pemerintah juga akan meningkatkan pemakaian platform PeduliLindungi dan melakukan uji coba protokol kesehatan pada mall dan pusat perbelanjaan di Bali dengan pembatasan tertentu.

“Tiga strategi pengendalian pandemi kita akan menjadi kunci utama dalam transisi kehidupan kita ketika Covid-19 dari pandemi menjadi epidemic. Dimana sistem PeduliLindungi yang kita gunakan ini akan menjadi intregator utama, sehingga bisa meminimalkan penularan Covid-19 ketika kita membuka kembali aktivitas masyarakat secara bertahap,” ujarnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.