Ingin Tidur Lebih Berkualitas? Lakukan Kebiasaan Baik Ini

Yovie Wicaksono - 3 August 2020
Ilustrasi. Foto : (freepik)

SR, Surabaya – Tahukah anda bahwa kegiatan yang dilakukan sebelum tidur bisa memengaruhi kualitas tidur dan berdampak bagi kebugaran tubuh pada keesokan paginya. 

Agar bisa bangun dengan tubuh yang sehat, segar, dan bersemangat, anda bisa lakukan beberapa kebiasaan baik sebelum tidur, seperti yang telah dilansir Super Radio dari halodoc berikut ini :

1. Mandi

Jika anda sering mengalami insomnia atau susah tidur, cobalah mandi dengan air hangat sebelum tidur. Menurut para ilmuwan, suhu tubuh ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. 

Mandi air hangat bisa membuat otot-otot di seluruh tubuh jadi rileks dan membuat anda merasa tenang dan nyaman.

2. Matikan Gadget

Kebanyakan orang tidak bisa berhenti bermain gadget, bahkan ketika sudah waktunya untuk tidur. Padahal, cahaya yang terpancar dari gadget bisa mengurangi jumlah melatonin yaitu hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk membuat anda mudah tertidur. 

Bermain gadget juga bisa menyebabkan kecanduan yang justru membuat semakin sulit untuk tidur. Jadi, sebaiknya matikan gadget minimal satu jam sebelum waktu tidur, supaya mudah tertidur nyenyak dan terhindar dari insomnia. 

3. Menulis

Penelitian menunjukkan bahwa menulis sesuatu yang menjadi beban pikiran bisa membantu mengeluarkan dan membersihkan pikiran. Jadi, anda bisa lebih mudah tertidur.  Selain itu, menulis jurnal juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Bahkan kegiatan ini direkomendasikan oleh para ahli sebagai salah satu cara untuk membantu anda tertidur.

4. Membaca Buku

Daripada bermain gadget, membaca buku adalah salah satu alternatif kegiatan yang baik sebelum beristirahat. Membaca buku dapat membantu pikiran rileks sehingga membuat memunculkan rasa kantuk dengan sendirinya.

5. Gunakan Baju yang Nyaman

Menggunakan pakaian tidur yang longgar, bersih dan lembut membuat tidur jadi lebih pulas dan nyenyak. Untuk para wanita, disarankan untuk tidur tanpa bra agar peredaran darah menjadi lebih lancar.

6. Meditasi

Jika hari-hari anda melelahkan dan membuat anda stress, cobalah lakukan meditasi sebelum tidur. Anda juga bisa memasang aromaterapi yang wanginya menenangkan, meredupkan lampu kamar, dan pejamkan mata selama beberapa saat agar pikiran menjadi lebih rileks. 

Meditasi bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan stress dan sakit kepala, tapi juga efektif membantu untuk bisa tidur dengan nyenyak.  

7. Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kelembaban kulit saat kita tertidur. Minumlah minimal satu gelas air bersuhu normal (bukan air dingin) beberapa jam sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi.

Sudah tahu kan kegiatan apa saja yang baik dilakukan sebelum tidur? Yuk,  mulai lakukan kegiatan tersebut setiap hari sebelum tidur untuk waktu istirahat yang lebih berkualitas. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.