Anas Karno: Sebelum Launching, Surabaya Night Zoo Perlu Dilakukan Uji Coba

Yovie Wicaksono - 3 April 2023
Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Anas Karno. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Anas Karno meminta pihak Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk melakukan upaya uji coba terlebih dahulu sebelum membuka Surabaya Night Zoo secara penuh.

Hal itu menyusul rencana PDTS KBS yang bakal me-launching Surabaya Night Zoo setelah Hari Raya Idulfitri.

“Saya harap ada uji coba terlebih dahulu, untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana dan nantinya juga bisa dilakukan evaluasi, sehingga pasca launching nanti tidak terjadi kendala yang berarti,” jelasnya.

Ia menambahkan, meskipun nantinya kajian dan aturan membolehkan KBS membuka Surabaya Night Zoo, namun KBS adalah BUMD milik Pemkot, yang tidak boleh melupakan fungsinya, sebagai taman konservasi, edukasi, dan rekreasi, KBS juga perlu berinovasi dengan layanan dan memenuhi selera dan kebutuhan masyarakat.

“Asasnya adalah kebutuhan warga Surabaya. Setidaknya dua pekan ini bisa diujicobakan night zoo di KBS. Meski KBS menjamin dalam mempertontonkan hewan nokturnal tidak mengganggu hewan lain,” terang Anas.

Tak hanya itu, Anas juga mengimbau agar manajemen KBS menggandeng UMKM selama night zoo digelar. “Pelibatan UMKM harus bisa menjadi skala prioritas, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian di Surabaya,” ujarnya.

Selain itu, Anas juga meminta PDTS KBS harus bisa menghitung harga tiket yang akan dijual untuk wahana night zoo tersebut. Jangan sampai memunculkan kesan memberatkan bagi warga Surabaya.

“Jangan sampai harga tiket tidak sebanding dengan apa yang disuguhkan oleh wahana KBS Night Zoo, dan bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Surabaya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dirut PDTS KBS, Khairul Anwar mengatakan, Surabaya Night Zoo saat ini dalam proses finishing dan akan dibuka pasca Idul Fitri.

“Nanti di Night Zoo itu ada kulinernya, ada tempat transit untuk pengunjung. Ada pertunjukkan untuk welcomingnya. Kita tinggal finishing, Insya Allah habis Lebaran kita launching,” ujarnya usai mengikuti penyerahan SK Direktur Operasional dan Keuangan PDTS KBS oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota, Kamis (30/3/2023) lalu.

Namun demikian, Khairul belum bisa memastikan tanggal tepatnya wahana Night Zoo akan dibuka. “Ini sudah assessment terakhir yang melibatkan akademisi, BKSDA, ahli tentang konservasi malam. Dan ini sekarang lagi merumuskan. Kalau mereka mengatakan oke, maka kita tentukan tanggalnya,” imbuhnya.

Khairul mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan kelengkapan infrastruktur internalnya. Tinggal infrastruktur supportingnya sebagai pelengkap. (*/red)

Tags: , , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.