Perayaan Grebeg Suro di Kediri 

Yovie Wicaksono - 1 September 2019
Grebeg Suro 2019 yang diisi dengan Kirab Pusaka, Seni dan Budaya di Kediri, Minggu (1/9/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebanyak 600 pelaku seni dari berbagai daerah mengikuti giat budaya Grebeg Suro 2019 yang diisi dengan Kirab Pusaka, Seni dan Budaya di Kediri, Minggu (1/9/2019).

Peserta Kirab diberangkatkan dari Jalan Airlangga berjalan memutar menyusuri jalan protokol menemupuh jarak kurang lebih 2 kilometer, lalu kembali ke tempat awal. Peserta kirab tidak hanya dari wilayah dari Kediri, melainkan juga dari Solo, Surabaya, Mojokerto, Gresik, Malang dan Blitar.

Selain mengusung tarian kesenian daerah masing-masing, peserta kirab juga membawa sejumlah  senjata pusaka warisan lelulur era Kerajaan Kadiri, seperti tombak dan Keris.

“Sebelumnya, senjata pusaka tersebut pada malam hingga dini hari, terlebih dahulu harus dijamas. Setelah dijamas  baru dikirab,” ujar Ketua Pelaksana Acara Grebeg Suro, Galih Tego.

Ratusan warga yang menunggu dipinggir jalan,  menyerbu peserta kirab yang membawa Gunungan makanan dan sayuran. Makanan yang diperebutkan berupa polo pendem, nasi kuning, serta buah-buahan. Masyarakat menilai, dengan mendapatkan makanan dan sayuran itu nantinya akan mendapat banyak  berkah.

“Mencari berkahnya, kalau semakin kita banyak mengambil Gunungan itu tadi Insyah Allah,” ujar salah satu warga Ngadisimo II Kota Kediri, Elsa (23).

Elsa mengaku, setiap tahunnya ia tidak pernah ketinggalan dan selalu mengikuti kegiatan Grebeg Suro. Makanan hasil rebutan tadi, seketika itu juga langsung ia makan dilokasi bersama para temanya.

Selesai menggelar kirab, acara dilanjutkan dengan tradisi Dono Wewe, yakni berebut pecahan uang koin yang dibagikan oleh penyelenggara. Tradisi Dono Wewe dimaknai sebagai simbol pemerataan pembagian rejeki.

Giat  Grebeg Suro ini merupakan bagian dari tradisi yang setiap tahunnya selalu diselenggarakan oleh komunitas Garuda Mukha. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.