Viral Bawang Putih untuk Atasi Hidung Tersumbat, Begini Faktanya!

Yovie Wicaksono - 7 August 2021
Foto: (TikTok @rozalinekatherine)

SR, Surabaya – Sempat beredar di dunia maya, yakni video berdurasi 60 detik yang menunjukkan cara mengurangi hidung tersumbat dengan memasukkan bawang putih ke dalam rongga hidung. Menurut dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), Chusnu Romdhoni, metode tersebut tidak dianjurkan. 

“Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut,” ujar Chusnu.

Ia mengatakan, hidung tersumbat sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi (mis.rinitis akut, rinitis kronis), alergi (mis. pilek alergi), atau tumor (mis. kanker sinus dan hidung).

Meskipun Covid-19 tidak selalu menyebabkan hidung tersumbat, metode bawang putih utuh juga tidak direkomendasikan untuk mencegah Covid-19. “Untuk pencegahan Covid-19 direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine (larutan antiseptik),” jelasnya.

Selain pencegahan Covid-19, metode memasukkan bawang putih ke dalam rongga hidung juga tidak disarankan untuk mengurangi hidung tersumbat. Ia juga menjelaskan, memasukkan benda, dalam hal ini bawang putih, dapat menyebabkan iritasi pada rongga hidung.

Chusnu menyampaikan, pengobatan hidung tersumbat dapat dilakukan dengan pemberian obat yang memiliki kandungan menthol. “Mungkin penggunaan menthol lebih baik untuk melegakan hidung,” ungkapnya. 

Selain menggunakan obat-obatan, ada hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat.

“Kalau yang normal dengan mencari udara segar, membuka jendela dan ventilasi rumah, menghindari debu atau alergen, dan mencuci hidung dengan air bersih. Untuk yang beragama Islam, ada bagian dari wudhu yang namanya insyiqaq (menghirup air dan membuangnya sebanyak 3 kali). Bisa juga menggunakan uap hangat air atau berolahraga yang bersifat aerobic, seperti jogging, kardio, dan lain-lain,” sambungnya. 

Selain itu, untuk meredakan hidung tersumbat, ia menyarankan untuk melakukan pola hidup sehat, makan teratur, istirahat cukup, dan olahraga teratur. Ditambah juga menggunakan masker dan menghindari pemicu timbulnya alergi. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.