Tips Menata Buku agar Lebih Rapi dan Menarik

Yovie Wicaksono - 17 October 2020
Ilustrasi. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Jika anda memiliki banyak koleksi buku dan meletakkannya sembarangan atau di tumpuk-tumpuk saja, tentu akan membuatnya cepat rusak dan membuat ruangan anda menjadi terlihat berantakan dan tidak enak dipandang.

Tak hanya itu, menata koleksi buku juga membuat anda tak lagi merasa kesulitan untuk menemukan buku favorit anda.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah cara mudah dan sederhana untuk menata koleksi buku anda agar tertata rapi dan terlihat lebih menarik;

1. Menata Berdasarkan Warna

Jika anda memiliki koleksi buku dengan cover warna-warni, menata buku berdasarkan warna dapat memberikan efek menarik dan bernuansa seni di rak buku anda.

Tips yang baik dalam hal ini adalah mengelompokkan rona berbeda dengan warna yang sama. Misalnya, kombinasikan warna biru, dongker, dan biru langit. Anda bisa bermain gradasi warna dalam penataannya.

2. Menata Buku Horizontal dan Vertikal

Anda bisa mengatur buku dari ukuran paling tinggi ke terendah seperti anak tangga. Namun anda juga bisa menatanya secara kombinasi. Agar susunan tidak terlihat membosankan, anda bisa menyusun buku seperti grafik atau gelombang.

Selain itu, jika memiliki lemari kecil seperti meja di samping tempat tidur, sebaiknya buku disusun secara vertikal. Tetapi jika memiliki rak buku yang besar, coba letakkan semua mendatar atau mencampurnya, artinya beberapa buku bisa saling bertumpukan, sementara yang lain berdiri tegak berjajar.

3. Menata Buku Berdasarkan Abjad

Jika koleksi buku yang anda miliki sangat banyak, menata buku berdasarkan abjad judul buku dapat memberikan kesan rapi dan tentunya akan memudahkan siapa saja untuk memilih bacaan yang diinginkannya.

Selain dapat mempermudah dalam menemukan buku yang ingin dibaca, menata buku berdasarkan abjad juga sangat bagus untuk mendata semua koleksi buku.

4. Menata Buku Berdasarkan Penulis

Orang-orang yang memiliki kebiasaan membaca buku dan hobi mengoleksi buku tentunya memiliki penulis favorit. Maka dari itu, anda juga bisa menata buku sesuai dengan penulisnya.

Menata buku sesuai dengan huruf abjad nama penulis, membuat anda juga lebih mudah dalam mencarai buku yang diinginkan.

5. Menata Buku Berdasarkan Genre

Menyusun buku berdasarkan genre juga akan mempermudah anda untuk mencarinya ketika sewaktu-waktu sedang ingin membaca. Anda bisa mengelompokkan buku sesuai genre, misalnya fiksi, misteri, non-fiksi, sejarah, puisi, fantasi, romance, dan sebagainya.

6. Menambah Aksesoris di Rak Buku

Rak buku tentunya tidak harus semua bagiannya diisi penuh dengan buku. Anda bisa menyediakan ruang-ruang kosong di rak untuk meletakkan aksesoris atau hiasan yang cantik namun tidak berlebihan.

Hal ini berguna untuk membuat rak buku lebih enak dipandang. Jadi, pemandangan pada rak buku tidak monoton dan membosankan. Pemberian ruang kosong untuk aksesoris ini juga dapat menimbulkan kesan lebih lapang pada ruangan.

7. Gunakan Kamper atau Gel Silicon

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memelihara koleksi buku anda adalah kelembapan. Jika anda menyimpan buku di tempat yang terlalu lembab, maka buku-buku anda akan mudah rusak.

Oleh karena itu, selipkan kamper atau silica gel untuk mengurangi kelembaban dan menghindari serangga yang dapat merusak buku. Jika menggunakan kamper, maka gunakan kamper yang dilapisi wadah atau simpan kamper di wadah, baru diselipkan pada buku-buku. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.