Prakiraan Cuaca Tak Ada Hujan, Surabaya Raya Terik Menyengat

Rudy Hartono - 11 July 2024
ilustrasi

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda melaporkan cuaca Kamis 11 Juli 2024 untuk Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) dan juga wilayah lain di Jawa Timur diprediksi bakal cerah sepanjang hari, tidak ada tanda-tanda hujan,  dari pagi hingga dini hari.

Cuca berawan hanya akan terjadi pada dini hari di beberapa daerah di Jawa Timur, yakni di Banyuwangi, dan Batu. Potensi hujan Batu dan Banyuwangi juga kecil lantaran presipitasi di kisaran 20persen.

Adapun suhu udara di wilayah Jawa Timur di kisaran 19 – 34 derajad celcius. Suhu tertinggi akan dialami Kota Surabaya dan Madiun. Sedangkan suhu terendah dapat ditemui di Kota Batu. Suhu rendah kedua yakni Kota/Kabupaten Malang.

Cuaca Surabaya Raya relatif sama dominan cerah dan panas terik menyengat. Suhu udara Surabaya Raya dikisaran 26-34 derajad celcius, kelembapan udara 55-90 persen, dengan kecepatan angin cukup kencang 30 Km/jam.

Perubahan suhu udara Surabaya dan Gresik relatif ada gradasi, dalam tiga jam suhu naik-turun rata-rata 2 derajad celcius. Namun khusus Sidoarjo perubahan suhu agak drastis, dari pagi hingga siang hari (pukul 13.00 WIB) kenaikan suhu sampai 4 derajad celcius tiap 3 jam, kemudian dari siang penurunan suhu cukup gradasi 3 derajad celcius setiap 3 jam.

BMKG Tanjung Perak juga melaporkan cuaca di perairan Jawa Timur didominasi cerah berawan dengan rata-rata suhu udara 26-34 ⁰C, kelembapan 55-90 persen, kecepatan angin kisaran 20 km/jam -30 km/jam, dan ketinggian gelombang tinggi maksimal 1 meter. Menurut BMKG dengan data tersebut perairan Jawa Timur cukup aman bagi aktivitas nelayan saat melaut mencari penghidupan.

Mengingat dominan cuaca cerah berawan dan matahari bersinar terik pada siang hari, maka BMKG Juanda menyarankan masyarakat menggunakan sunscreen atau tabir surya jika beraktivitas di luar rumah. Selain itu juga dianjurkan banyak mengkonsumsi air putih mencegah dehidrasi tubuh.

Penggunaan sunscreen direkomendasikan untuk menghindari efek buruk paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit yakni membuat kulit luka bakar atau sunburn. Gejalanya berupa bercak kemerahan atau kecokelatan pada kulit, meradang, dan terasa panas saat disentuh.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.