KNPI Kota Kediri Lakukan Penanaman Bibit Pohon di Sumber Mata Air Lembah Tretes

Yovie Wicaksono - 26 June 2022

SR, Kediri – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri menggelar kegiatan konservasi alam di Sumber Mata Air Lembah Tretes di Kota Kediri, Minggu (26/6/2022).

Konservasi tersebut diimplementasikan dalam bentuk penanaman ribuan bibit pohon yang berfungsi untuk menyerap air.

“Kita tanam varian pohon di Sumber Tretes. Kegiatan ini juga bisa menjadi edukasi terhadap teman-teman pemuda, sekaligus cinta terhadap alam,” ujar Ketua KNPI Kota Kediri, Reza Darmawan.

Pihaknya sengaja memilih Sumber Mata Air Lembah Tretes lantaran selama ini masyarakat sekitar menggantungkan kebutuhan pasokan air bersih dari sana, maka dari itu perlu diperhatikan kelestariannya.

“Kita akhirnya banyak berpikir, kalau lokasi ini memang harus dimaksimalkan. Kita tadi juga lihat ke atas, bahwa sumber airnya tidak begitu deras maka ia perlu pemantauan lebih dalam. Kita akan komunikasikan dengan dinas terkait bagaimana bisa memaksimalkan sumber yang ada di atas, PDAM juga ada di atas, sehingga sumber ini sangat penting bagi masyarakat Kota Kediri,” pungkasnya.

Sejumlah organisasi kepemudaan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka bersemangat berjalan kaki menanjak  sejauh 2 kilometer. 

Untuk sampai ke Sumber Mata Air Lembah Tretes  yang berada di lereng Gunung Klotok ini dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. 

Terlihat hadir dalam kegiatan penanaman pohon Kepala Dinas lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri Anang Kurniawan, serta perwakilan dari Disbudparpora.

“Yang ikut dari seluruh OKP (Organisasi Kepemudaan), dibantu dari teman-teman pelajar SMA, Taruna dan Hang Tuah, Pramuka serta Ormas Keagamaan. Alhamdulillah mereka banyak yang hadir,” pungkasnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.