Azwar Anas Ajak Seluruh Struktural PDI Perjuangan Banyuwangi untuk Perangi Covid-19

Yovie Wicaksono - 17 May 2020
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (Foto : Superradio/ Fransiskus Wawan)

SR, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang juga sekaligus sebagai kader PDI Perjuangan, mengajak kepada seluruh kader PDI Perjuangan untuk bersama-sama melawan Covid-19 dan tidak ragu untuk menyuarakan kebenaran terkait kondisi disaat pandemi Covid-19.

Anas meminta kepada seluruh kader PDI Perjuangan Banyuwangi untuk turut serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang berbagai hal ikhwal kebijakan pemerintah dalam menangani Covid-19.

“Kita perlu memiliki kesamaan persepsi dalam menangani wabah ini. Langkah-langkah yang kami ambil  bukan tindakan yang serta merta, namun melalui panduan dari pusat maupun kajian-kajian yang ada dari berbagai lembaga yang diakui legitimasinya,” ungkap Anas, yang juga Ketua Gugus Tugas.

Anas mencontohkan tentang bagaimana kebijakan dalam penyaluran Jaring Pengaman Sosial. Ada berbagai skema bantuan yang disiapkan. Baik dari pemerintah pusat, provinsi ataupun dari kabupaten sendiri. Beberapa di antaranya ada yang mempersoalkan besaran bantuan dari masing-masing jenis bantuan tersebut.

“Seperti halnya bantuan dari Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) atau Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos yang mencapai Rp600 ribu. Sedangkan yang dari Pemkab hanya Rp200 ribu. Tentu harapannya bisa sama, namun kondisi fiskal daerah tidak memungkinkan. Kebutuhannya bisa mencapai Rp100 miliar lebih. Sedangkan sisa anggaran yang ada sekitar Rp250 miliar. Jika dipaksakan, akan banyak sektor yang tersendat. Seperti halnya pembangunan infrastruktur,” papar Anas.

Begitu pula dengan penangan pasca Covid-19. Hasil riset dari berbagai lembaga survey menyebutkan bahwa akan ada lonjakan kegiatan pariwisata yang akan dilakukan oleh publik pasca pandemi. Prediksi tersebut harus segera disikapi, jika tidak ingin Banyuwangi telat dalam pemulihan ekonomi.

“Selain ingin bertemu dengan masyarakat, kebanyakan dari masyarakat menginginkan berwisata pasca pandemi ini. Untuk itu, kita perlu menyiapkan pariwisata seperti apa di era new normal ini. Hal ini yang akan kita rumuskan ke depannya,” papar Anas. (wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.