Pasien Covid-19 Varian Baru di RS Lapangan Indrapura Dinyatakan Sembuh

Yovie Wicaksono - 26 May 2021
Ilustrasi. Foto : (shutterstock)

SR, Surabaya – Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian baru dan dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya (RSLI) sejak 7 Mei 2021 lalu, telah ditangani dengan baik, dimonitor dengan ketat dan dinyatakan sembuh.

“Alhamdulillah dengan kerja keras para nakes dan relawan serta doa dari semua pihak, RSLI berhasil menangani dan menyembuhkan pasien Covid-19 dengan varian baru,” ujar Penanggung Jawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Selasa (25/5/2021).

Nalendra mengatakan, pasien terkonfirmasi varian baru B.117 (strain Inggris), yakni Ms. P yang masuk dengan gejala ringan tanpa komorbid, setelah 14 hari perawatan kondisi klinisnya terus membaik dan dikonfirmasi 2x swab negatif maka dinyatakan sembuh dan bisa keluar rumah sakit pada 20 Mei 2021.

Sedangkan pasien yang terkonfirmasi varian baru B.1351 (strain Afrika Selatan) Mr. M yang masuk tanpa gejala namun dengan komorbid, setelah 18 hari perawatan dan konfirmasi 2x swab negatif serta kondisi klinisnya sudah baik, dinyatakan sembuh dan bisa keluar rumah sakit pada 20 Mei 2021.

“Kami telah menangani pasien Covid-19 varian baru dengan baik dan telah dinyatakan sembuh. Masyarakat khususnya di Jawa Timur tidak perlu terlalu panik dalam menyikapi adanya varian baru Covid-19. Yang penting tetap menjalankan protokol kesehatan 5M dengan baik, menjaga dan meningkatkan imunitas serta segera ke fasilitas kesehatan terdekat apabila ada gejala covid-19,” kata Nalendra.

Nalendra menegaskan, pasien Covid-19 dengan varian baru dapat disembuhkan. Sesuai prosedur dan ketentuan yang ada, karantina minimal 14 hari, monitoring dan asesmen kondisi medis, serta konfirmasi 2x swab PCR negatif merupakan jaminan kesembuhan dan upaya memastikan tidak merebaknya varian baru tersebut.

Kemudian ditambah dengan 7 hari isolasi  tambahan serta monitoring lanjut dari dinkes/faskes setempat serta pantauan dari relawan pendamping membantu memastikan kondisi pasien tersebut sudah benar-benar sembuh, sehat dan tidak berpotensi menularkan.

Selain itu, Nalendra juga memaparkan bahwa hingga Selasa (25/5/2021), dari data relawan PPKPC-RSLI, setidaknya sudah ada sebanyak 10.338 PMI yang masuk ke Jatim dan 91 orang diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19 dan dirawat di RSLI.

“Dua diantaranya dengan varian baru B.117 dan B.1351. 57 orang sudah dinyatakan sembuh, termasuk dua orang dengan varian baru, sehingga tinggal 34 orang PMI yang dirawat di RSLI,” kata Nalendra.

Sekadar informasi, Rumah Sakit Lapangan Indrapura sendiri setelah mendekati satu tahun beroperasi, telah melayani 7.394 pasien, 7.050 sudah sembuh, dan masih merawat 62 orang pada Selasa (25/5/2021).

Adapun tingkat kesembuhan RSLI sebesar 96,76 persen dengan kontribusi kesembuhan bagi nasional sebesar 0,43 persen, Jawa Timur 5,03 persen serta Surabaya 31,41 persen. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.