Waspada Panas Menyengat Surabaya Raya dan Seluruh Jatim

Rudy Hartono - 18 June 2024
ilustrasi

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan cuaca pada Selasa 18 Juni 2024  di Surabaya Raya dan seluruh daerah Jawa Timur akan cerah sepanjang hari. Cuaca akan bervariasi mulai dari cerah, berawan, cerah berawan, dan sedikit berawan tebal.

Suhu udara Surabaya Raya panas menyengat di siang hari dengan suhu udara tertinggi 34⁰C dialami Surabaya, Gresik, dan Kota Madiun. Suhu tertinggi kedua di kisaran 33⁰C dialami Sidoarjo, Mojokerto, Kota Kediri, Ngawi, Bojonegoro, Pamekasan, dan Sumenep.

Kalaupun ada potensi hujan itu, akan terjadi di Batu dan Magetan pada hari Rabu (19/6/2024) jelang subuh. Cuaca kedua daerah ini berkabut yang potensial turun hujan.

Adapun suhu udara yang paling rendah adalah kota Batu yakni 15⁰C pada pagi hari dan sekitar 20⁰C pada malam hari. Cuaca sejuk pada pagi hari juga dirasakan Kota/Kabupaten Malang dan juga Kabupaten Mojokerto, Bondowoso, dan Situbondo. Keenam daerah itu suhu udara pagi di kisaran 20-21⁰C.

Terpisah BMKG Tanjung Perak  melaporkan cuaca pelabuhan esok hari cerah berawan. Ketinggian gelombangnya kategori tenang hingga rendah, yakni kurang dari 0,5 meter.

Karena cuaca Jatim besok masih didominasi cerah, BMKG Juada mengingatkan masyarakat yang bepergian atau keluar rumah agar tidak  lupa menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Penggunaan sunscreen direkomendasikan BMKG untuk menghindari efek buruk paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit. Mengingat bahaya terik matahari yang terlalu panas, bisa membuat kulit luka bakar atau sunburn. Gejalanya berupa bercak kemerahan atau kecoklatan pada kulit, meradang, dan terasa panas saat disentuh.

Selain penggunaan sunscreen, juga dianjurkan banyak minum air untuk mencegah dehidrasi  akibat cuaca panas berlebihan.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.