TPA Klotok Diprediksi 10 Tahun Kedepan Tak Bisa Digunakan

Yovie Wicaksono - 27 July 2019
Tempat Pembuangan Akhir Klotok, Kediri, Jawa Timur. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri memperkirakan 10 tahun ke depan, tempat pembuangan akhir (TPA) Klotok tidak bisa dipergunakan kembali sebagai lahan pembuangan maupun tempat pengelolaan sampah. 

“Jadi prediksi dari DLHKP 10 tahun lagi Kota Kediri lokasi tempat pengolahan sampah habis ya. Mengapa saya katakan 10 tahun lagi, karena kita masih punya lahan kurang lebih 5 hektare yang akan kita bebaskan untuk pengolahan sampah disana. Lah kita prediksi 10 tahun lagi,” ujar Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur, Sabtu (27/7/2019).

Salah satu  upaya yang dilakukan oleh pihak DLHKP saat ini adalah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk membuka lahan tempat pembuangan akhir baru regional yang rencananya berlokasi di wilayah Kecamatan Mojo. 

“Kita akan berupaya melakukan pendekatan dengan Kabupaten Kediri dimana saya mendengar ada tata ruang yang mengatakan di wilayah barat Kabupaten Kediri akan diproyeksikan menjadi TPA Regional. Ini adalah sebuah peluang, segera kami lakukan pembahasan lebih lanjut bersama provinsi,” imbuhnya.

Selain berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri, pihaknya juga membahas rencana pembuatan TPA Regional tersebut bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Didik mengaku, pihaknya sudah berbincang  secara langsung dengan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Kediri Putut dan bersangkutan menyambut baik terkait rencana ini. 

“Kami sudah komunikasi juga dengan Kepala DKP Kabupaten Kediri, Pak Putut, beliaunya menyampaikan welcome dan saat ini kita segera bergerak untuk melakukan pembicaraan itu, tentunya harus ada fasilitas dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dalam hal ini DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan PU (Pekerjaan Umum) Provinsi, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi duduk bersama untuk mengatasi permasalahan sampah Kota Kediri khususnya,” ujarnya.

Jika nantinya sudah dipersiapkan lokasi untuk TPA Regional, selanjutnya akan ada pembahasan mengenai anggaran, tentunya harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari dewan. 

Didik menjelaskan, luas lahan TPA di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri kini mencapai 4 hektare. Rencananya, pihak DLHKP akan memperluas area sekitar lahan tersebut kisaran kurang lebih 5 hektare.

Tercatat untuk setiap harinya, volume sampah di Kota Kediri mencapai sekitar 130 ton. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.