Terkait Hong Kong, Ini Himbauan Kemlu

Yovie Wicaksono - 13 August 2019
Massa pengunjuk rasa pro-demokrasi ketika melakukan aksinya setelah seorang perempuan tertembak di mata dalam aksi protes di Bandara Internasional Hong Kong, Senin (12/8/2019). Foto : (REUTERS)

SR, Hong Kong – Kementerian Luar (Kemlu) Negeri RI mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang merencanakan bepergian ke Hong Kong untuk memperhatikan perkembangan terkini, khususnya demonstrasi yang sporadis di berbagai lokasi, termasuk di Bandara Internasional Hong Kong.

“Bagi yang merencanakan bepergian ke Hong Kong, agar mencermati perkembangan keamanan terakhir, termasuk melalui aplikasi safe travel Kemlu,” terang Pelaksana tugas Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI, Joedha Nugraha melalui siaran resmi yang di terima Super Radio, Selasa (13/8/2019).

Kemlu juga menyarankan, untuk perjalanan yang sifatnya tidak mendesak, sebaiknya ditunda hingga situasi lebih kondusif.

Sedangkan bagi WNI yang menetap di wilayah Hong Kong, Kemlu mengimbau agar tetap tenang, waspada, menjauhi lokasi berkumpulnya massa, tidak terlibat dalam kegiatan politik setempat, serta senantiasa mengikuti imbauan dari otoritas setempat serta memantau informasi di laman FB KJRI Hong Kong (fb.com/kjrihk).

Dalam keadaan darurat, hotline KJRI Hong Kong dapat dikontak melalui Whatsapp nomor  +852 6894 2799 / +852 6773 0466 / +852 5294 4184 atau melalui Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri RI.

Selain itu, Kemlu menginformasikan, saat ini WNI di Hong Kong dalam kondisi relatif aman. Sedangkan terdapat 75 WNI yang terdampak atas pembatalan penerbangan di Bandara Internasional Hong Kong, 47 diantaranya atlet renang asal DKI Jakarta.

Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong telah mengirim tim untuk membantu WNI yang terdampak. Saat ini ke-75 WNI tersebut telah mendapat jadwal penerbangan dan akan kembali ke tanah air pada sore dan malam ini. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.