Tahun Baru Jadi Puncak Kunjungan Kebun Binatang Surabaya

Yovie Wicaksono - 2 January 2022
Ilustrasi Kebun Binatang Surabaya. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kebun Binatang Surabaya (KBS) rupanya masih menjadi tempat wisata primadona masyarakat.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Agus Supangkat mengatakan, puncak kunjungan terjadi pada Sabtu (1/1/2022) yang mencapai sekira 9000 lebih pengunjung.

“Kemarin peningkatan pengunjung cukup lumayan, mulai tanggal 24 Desember 2021 di angka dua ribu pengunjung, dan puncaknya ada di tahun baru kemarin sembilan ribu lebih pengunjung. Hari ini belum closing, tapi melihat situasi hari ini jumlah pengunjung masih dibawah kemarin,” ujarnya, Minggu (2/1/2022).

“Karena kemarin itu kan KBS juga buka lebih awal, yakni mulai 07.00 – 16.00 WIB. Hari ini dan seterusnya jam operasional kita kembali seperti semula,” sambung Agus.

Mengingat kuota masuk KBS sebanyak lima ribu pengunjung, maka pihaknya pun menerapkan sistem bergantian untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung, pihaknya juga membuka semua pintu masuk KBS. Mulai dari pintu utama, pintu di area parkir, dan pintu selatan dekat Terminal Intermoda Joyoboyo.

Kegiatan yang dinilai bisa memicu kerumunan seperti live musik, program keeper talk satwa termasuk kolam renang, selama pandemi Covid-19 inipun ditiadakan. Meski begitu, hal tersebut tidak menurunkan animo masyarakat untuk berkunjung.

“Dari pantauan kami yang menjadi idola pengunjung disini itu feeding time satwa, jadi pengunjung kita beri kesempatan untuk memberi makan satwa, seperti rusa, unta, komodo dan buaya muara,” kata Agus.

Tak hanya itu, area jogging track yang dihadirkan pada akhir pekan untuk masyarakat yang ingin bersepeda, jogging, hingga senam dengan pemandangan satwa sambil menghirup udara segar, juga banyak diminati.

“Ini menjadi alternatif masyarakat supaya imunnya tetap terjaga, dan luas KBS yang mencapai 15 hektar ini kan ruang terbuka hijau, jadi kalau dibanding dengan ruang tertutup kita jauh lebih aman. Tapi protokol kesehatan tetap kita terapkan,” tandasnya.

Para pengunjung pun diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan, termasuk menunjukkan bukti vaksin atau aplikasi PeduliLindungi.

Pihak KBS juga telah menyiapkan satgas mandiri, berjumlah 80 personil yang tersebar di berbagai sudut area KBS untuk mengawasi dan mengimbau pengunjung agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. (fos/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.