Potret Perjuangan Warga Tambak Bayan

Yovie Wicaksono - 12 February 2021

SR, Surabaya – Dinding – dinding rumah warga Tambak Bayan, kampung pecinan tua yang terletak di sebelah utara kota Surabaya dihiasi mural bertemakan Imlek dan perjuangan warga setempat atas sengketa tanah yang selama ini masih berlangsung.

Berkolaborasi dengan seniman lintas disiplin, warga setempat juga menggelar pameran arsip terkait kisah perjuangan kampung mereka yang bertajuk “Re-Calling Tambak Bayan: Refleksi Representasi 2011-2021” pada 12 – 14 Februari 2021.

“Tema ini dipilih karena warga Kampung Bayan mayoritas adalah orang Tionghoa sehingga dinilai sesuai dengan Imlek sekaligus mengenang perjuangan para warga yang selama 10 tahun terakhir memperjuangkan hak tanah mereka atas sengketa yang selama ini masih berlangsung,” kata salah satu partisipan pameran, Yoyo, Jumat (12/2/2021).

Yoyo mengatakan, pameran yang berisi potret-potret aktivitas warga dan seniman ini bertujuan untuk menyalakan kembali semangat antar warga dan masyarakat yang selama ini telah berkontribusi di Kampung Tambak Bayan.

Pameran ini pun menjadi ‘monumen’ satu dasawarsa perjuangan warga mempertahankan ruang hidupnya dari ancaman penggusuran. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.