Polda Jatim Ajak Netizen Perangi Hoax di Dunia Cyber

Yovie Wicaksono - 27 September 2019
Kumpul Akbar Netizen Jawa Timur di Malang pada Jumat (27/9/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengajak seluruh netizen diberbagai daerah  untuk berperan aktif dalam menjaga kondusifitas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keterangan ini disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kombes Pol Frans Barung Mangera dalam kunjungan kerjanya mengikuti kegiatan Kumpul Akbar Netizen Jawa Timur di Malang pada Jumat (27/9/2019).

Menurutnya, bangsa Indonesia tengah menghadapi pembentukan opini negatif yang sampai sekarang masih bergulir. Opini negatif ini kemudian didesain dan disebarkan dengan sengaja melalui teknologi cyber.

“Kita menghadapi perpecahan bangsa melalui yang namanya opini publik di ruang lingkup cyber,” ujarnya.

Guna mengatasi serangan opini publik yang sengaja didesain secara negatif, Barung berharap netizen mampu memfilter segala bentuk Informasi yang masuk.

“Konsisten dalam menjaga marwah dari pada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita tidak ingin terpecah karena hoax, terpecah karena informasi yang tidak benar, yang sengaja diciptakan untuk memecah belah Republik Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Barung menganggap netizen memiliki rasa kepedulian yang tinggi dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bentuk konkret kepedulian tersebut diimplementasikan dalam hal ikut membantu  penyebaran informasi yang sebenarnya kepada masyarakat.

“Mereka akan sama-sama dengan penggiat cyber, untuk melawan hoax, ujaran kebencian dan sara,” tandasnya.

Sekedar informasi, Kumpul Akbar Netizen Jawa Timur ini diikuti sekitar 400 orang. Selain ratusan netizen, ikut dilibatkan sejumlah Kasubag dan Kasi Humas dari Jajaran Kepolisian di seluruh Jawa Timur. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.