Pemprov Jatim Kirim Bantuan Personel dan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur

Yovie Wicaksono - 23 November 2022

SR, Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) mengirim ratusan relawan yang terdiri dari Tim Rescue, Tagana, Psikososial, hingga Medis, serta bantuan logistik untuk turut menangani dampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

“Tagana yang dikirim ini masih sedikit, dan kita punya 2000 personel dan siap jika memang dibutuhkan,” kata Sekda Provinsi Jatim, Adhy Karyono saat melepas bantuan di kantor BPBD Jatim, Selasa (22/11/2022)

Adhy menyampaikan, pengiriman relawan ini sesuai permintaan Kementerian Sosial (Kemensos) dan BNPB. Mereka sangat dibutuhkan untuk membantu dampak gempa di Cianjur.

“Hampir semua infrastruktur di sana terdampak dan rusak total. Oleh karena itu, Gubernur Jawa Timur memerintahkan agar segera mengirim bantuan ke Cianjur. Intinya, kami akan terus berkoordinasi terkait apa saja yang dibutuhkan di sana,” katanya.

Lebih lanjut, dikatakan Adhy, bila terjadi bencana maka sudah menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya BNPB. Menurutnya, semua harus ada kerjasama antar stakeholder. Bukan hanya BPBD, tetapi juga Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan dinas lainnya. 

Sesampai di Cianjur, lanjutnya, relawan dari Jatim ini akan mendirikan Posko Penanggulangan Bencana. Sementara bantuan logistik akan langsung dikirim ke titik-titik yang paling dibutuhkan. 

“Kita akan melakukan misi kemanusiaan di Cianjur dan menyesuaikan dengan  Incident Command System (ICS) yang berlaku di sana, kita akan berposko di sana,” terang Adhy. 

Menurutnya, di Jatim tim Tagana dan personel sosial lainnya sudah terkenal kemampuannya. Para relawan ini akan bertugas di Cianjur sesuai kebutuhan. Bila sudah selesai, nantinya mereka akan berangsur-angsur pulang.

Adapun bantuan logistik dan alat yang dikirim ke Cianjur, diantaranya mobil box, mobil dalmas, ambulans, dan lima truk berisi logistik seperti beras 1.000 kilogram, mie instan 100 karton, gula 200 kg, minyak goreng 100 liter, lauk pauk, vitamin, obat-obatan, dsb.

Kemudian, 1.000 lembar selimut, sarung 203 lembar, tikar 54 lembar, detergen 220 pak, pembalut, popok anak dan dewasa. Selain itu, ada kantong jenazah 10 lembar. Lalu, tenda pengungsian dua set, tenda posko satu set, lampu light tower balon satu unit, motor trail satu unit, tandon 1.200 liter satu unit, genset dua unit, meja, dan kursi dua set. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.