Mulai Besok, Pasar Pahing Kediri Ditutup Sementara

Yovie Wicaksono - 9 July 2020
Suasana Pasar Pahing Kota Kediri Jelang Penutupan Sementara. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pasar Tradisional Pahing Kota Kediri akan ditutup sementara selama tiga hari kedepan, mulai Jumat (10/7/2020). Penutupan ini dilakukan sebagai upaya sterilisasi lantaran seorang penjahit di pasar setempat dinyatakan reaktif Covid-19.

Selama penutupan tersebut tidak ada satu pun pedagang yang diizinkan untuk membuka lapaknya.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Tradisional Pahing Kota Kediri, Bu Tris mengatakan, hari ini pihaknya sudah diberitahu tukang tarik karcis dari pihak PD Pasar agar besok tidak berjualan dulu sementara waktu hingga tiga hari ke depan.

“Kalau pertokoan yang beri tahu tukang narik karcis, rencananya tiga hari ditutup. Jadi besok saya mulai tidak berjualan. Rencananya ada pedagang yang berjualan diluar,” kata Bu Tris, Kamis (9/7/2020).

Ia menjelaskan, jika seorang yang terkonfirmasi positif tersebut kesehariannya berprofesi sebagai penjahit. Bersangkutan membuka lapak disana dan selama 7 hari ini meliburkan diri dan sudah tidak aktif lagi dipasar.

Perkembangan informasi terakhir menyebutkan, jika sejumlah pedagang yang lapaknya berdekatan dengan yang bersangkutan sudah menjalani rapid test.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri, dr Fauzan Adima ketika dikonfirmasi juga membenarkan perihal penutupan sementara Pasar Pahing.

“Ya betul, saat ini yang positif baru 1. Penutupan pasar sesuai dengan surat yang di PD Pasar, sampai hari Minggu selama 3 hari,” papar pria yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD Gambiran dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Selama penutupan tiga hari, dilaksanakan sterilisai virus agar tidak menular ke lainnya. Ia menganggap salah satu karakteristik Covid-19 bisa menempel pada suatu benda.

“Kita tidak tahu menempelnya dimana, maka kita semprot selama 3 hari itu. Nanti hari Senin sudah dibuka lagi tapi mungkin diperketat protokol kesehatannya,” paparnya.

Sterilisasi dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan. Selama penutupan, nantinya pasar akan dijaga Satpol PP dan petugas PD Pasar.

Kabarnya, seorang penjahit yang berusia sekitar 68 tahun ke atas tersebut kini sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Kediri.

“Iya, saat ini bersangkutan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit,” tandasnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.