1 September, Berlaku Kebijakan Baru KA Lokal

Yovie Wicaksono - 23 August 2019
Suasana di loket dan layanan pelanggan di stasiun wilayah Daop 8. Foto : (Humas Daop 8)

SR, Surabaya – Mulai 1 September 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan kebijakan reservasi tiket KA Lokal melalui aplikasi KAI Access. Penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show (mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan) apabila tempat duduk masih tersedia.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, pelayanan reservasi KA Lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum keberangkatan.

Calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Acces, menjadi versi terbaru, untuk bisa reservasi tiket KA Lokal via KAI Access. Kemudian, masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA.

“Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun, melainkan cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding,” jelas Suprapto.

Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait tata cara reservasi tiket KA Lokal via KAI Access serta informasi tentang KAI lainnya, dapat menghubungi Contact Center KAI di 121/021-121 (24 jam), atau mengunjungi petugas Customer Service yang ada di Stasiun,” ujar Suprapto.

Kebijakan ini merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA dan mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih mengenal dengan aplikasi layanan online tiket KA.

Sekedar informasi, saat ini pengguna KA Komuter / KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, untuk kondisi weekday rata-rata antara 19.000 sampai dengan 22.000 penumpang setiap harinya, sedangkan untuk kondisi weekend rata-rata penumpang mencapai antara 23.000 sampai dengan 25.000 penumpang setiap harinya.

“Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, total ada 46 perjalanan KA lokal / KA Komuter PSO (subsidi) dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya,” kata Suprapto

KA Lokal / Komuter PSO (Subsidi) yang ada di wilayah Daop 8 Surabaya adalah KRD Ekonomi relasi Sidotopo-Porong, KRD Ekonomi relasi Surabaya kota-Porong (PP), KRD Ekonomi Sulam relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan (PP),  KA Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP), KA  Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota (PP), KA  Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP), KA Penataran relasi Surabaya Gubeng-Blitar (PP), KA Tumapel relasi Malang-Surabaya Kota, KA  Tumapel relasi Surabaya Gubeng-Malang,  KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo-Surabaya Pasarturi-Bojonegoro(PP), KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP), KA  Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Sidoarjo (PP) dan KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono (PP). (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.