Manfaat Air Kelapa Buat Tubuh

Yovie Wicaksono - 17 July 2020
ilustrasi

SR, Surabaya – Cuaca panas, minum es air kelapa, rasanya dijamin langsung segar. Tapi taukah anda, selain rasanya segar dan enak, air kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, oleh sebagian masyarakat, khususnya Jawa, air kelapa dipercaya sebagai obat alami melawan berbagai penyakit.

Melansir LifeHack, beberapa manfaat akan didapat oleh tubuh, jika minum air kelapa selama seminggu. Apa saja itu?

1. Memperbaiki sistem pencernaan
Air kelapa sangat baik untuk sistem pencernaan karena mengandung banyak serat.
Ketika seseorang minum air kelapa selama seminggu secara konsisten, pencernaannya akan menjadi lebih teratur.

2. Meredakan sakit kepala
Air kelapa adalah sumber hidrasi yang baik. Jadi, jika sakit kepala ada hubungannya dengan hipertensi atau dehidrasi, air kelapa merupakan solusi yang tepat. Saat menderita sakit kepala karena dehidrasi, itu karena tubuh kehilangan cairan penting.

Air kelapa dipercaya bisa menyembuhkan sakit kepala, karena cairan tersebut bisa jadi ramuan alami yang dikemas dengan nutrisi penyeimbang elektrolit. Dengan meminum air kelapa, seseorang akan mendapatkan kembali cairan yang hilang dan membuat sakit kepala cepat sembuh.

3. Menjaga kesehatan mata
Bagi yang tidak suka makan wortel namun ingin menjaga kesehatan mata, air kelapa merupakan solusi yang bagus, karena memiliki kemampuan mencegah masalah penglihatan seperti glaukoma dan katarak.

4. Menghilangkan racun
Air kelapa menghilangkan racun dari tubuh dan memecah batu ginjal. Sebagai diuretik alami, air kelapa sangat membantu penderita penyakit ginjal. Cairan ini membersihkan saluran kemih serta kandung kemih.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Konsumsi air kelapa setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena memiliki kemampuan untuk menghilangkan bakteri dalam tubuh dan melawan virus yang menyebabkan masuk angin, tifus, atau penyakit menular.

6. Membuat kulit bercahaya
Satu gelas air kelapa akan membuat kulit menjadi lebih bercahaya hal ini disebabkan efek hidrasinya yang luar biasa. Efek positif bisa terlihat di seluruh tubuh tetapi kulit mungkin butuh beberapa waktu untuk terlihat bercahaya.

7. Menambah energi
Air kelapa bisa meningkatkan hormon kelenjar tiroid yang menyebabkan peningkatan energi.
Setelah seminggu mengonsumsi air kelapa secara konsisten, seseorang bisa merasa lebih berenergi dibanding sebelumnya.

Anda penasaran dengan manfaat air kelapa? Bisa dicoba dengan minum air kelapa selama 7 hari dan rasakan manfaatnya. Tapi bagi anda yang memiliki masalah seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, penderita diabetes, penderita iritasi usus, orang-orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.