Linksos Lakukan Home Visit untuk Sosialisasi Covid-19 ke Difabel

Yovie Wicaksono - 30 March 2020
Lingkar Sosial Indonesia melakukan home visit guna memberikan sosialisasi tanggap Corona kepada difabel di Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Foto : (Istimewa)

SR, Malang – Lingkar Sosial (Linksos) Indonesia menginisiasi home visit, guna memberikan sosialisasi tanggap Corona kepada difabel di Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang disela aktivitas penyemprotan disinfektan anti Covid-19.

Ketua Linksos Indonesia, Kertaning Tyas mengatakan, hal tersebut dilatarbelakangi oleh sosialisasi terkait corona yang disampaikan ke berbagai saluran media belum semuanya mudah diakses oleh kelompok difabel dengan berbagai hambatan aksesibilitas.

“Tak semua difabel dengan mudah mengakses informasi Covid-19, diantaranya dialami sebagian tuli, tuna netra, anak-anak tuna grahita, juga ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Mereka rentan terpapar dan menjadi sumber efektif penularan. Untuk itu Lingkar Sosial menginisiasi home visit, guna memberikan sosialisasi tanggap Corona,” ujar pria yang akrab disapa Ken ini, Senin (30/3/2020).

Tuli misalnya, lanjut Ken, mereka memerlukan penyampaian informasi dengan menggunakan bahasa isyarat. Kemudian tuna netra, sebagian mereka memerlukan simulasi bagaimana teknik yang benar dalam mencuci tangan. Juga tuna grahita yang memerlukan penjelasan berulang hingga paham, dalam hal ini termasuk bagi beberapa kasus ODGJ.

Ken didampingi kader kesehatan Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, berkunjung dari rumah ke rumah kediaman difabel memberikan sosialisasi Covid-19 sekaligus melakukan pendataan singkat untuk kepesertaan Posyandu Disabilitas.

Ken menambahkan, prinsip home visit ini adalah menyampaikan sosialisasi Covid-19, memberikan dukungan semangat untuk difabel dan keluarganya. Kemudian mengajak bergabung ke Posyandu Disabilitas, serta memetakan peluang pemberdayaan. Jangkauan home visit untuk saat ini adalah wilayah kerja Posyandu Disabilitas Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Selama masa darurat Covid-19 sendiri, Linksos Indonesia mengadakan sejumlah inisiasi pelayanan masyarakat seperti memberikan informasi kepada pemerintah dan publik tentang ulasan hambatan difabel mengakses informasi Covid-19, serta hal-hal yang bisa dilakukan permerintah terkait hal tersebut.

Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan anti Covid-19 di sejumlah fasilitas umum, serta melakukan kunjungan ke rumah-rumah difabel untuk sosialisasi Covid-19 bersama kader kesehatan. Hal ini sekaligus membantu pemerintah mengoptimalkan upaya penanggulangan Corona.

“Lingkar Sosial Indonesia berharap inisiasi yang telah dilakukan menjadi kebijakan pemerintah. Indikasinya adanya regulasi yang mengatur. Utamanya terkait dukungan terhadap difabel dalam menghadapi darurat Covid-19,” ujarnya.

“Khususnya di bidang kesehatan, Difabel memerlukan sosialisasi Covid-19 secara langsung dalam bentuk home visit, distribusi masker dan hand sanitizer serta alat pelindung diri (APD) lainnya yang diperlukan, serta layanan kesehatan gratis dan akses untuk difabel yang terpapar Covid-19,” imbuhnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.