Jelang Mudik Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Meningkat

Yovie Wicaksono - 22 April 2022

SR, Sidoarjo – Mendekati hari raya Idulfitri, jumlah penumpang harian di Bandara Juanda mulai menunjukan peningkatan.

Tercatat, hingga pekan kedua bulan April rerata terdapat sebanyak 21.500 penumpang per hari dan meningkat di angka sekira 23 ribu di pekan ketiga.

“Kami memprediksikan peningkatan ini masih akan terjadi hingga menjelang hari H libur lebaran atau pada pekan keempat April hingga awal Mei nanti,” ungkap General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar, Jumat (22/4/2022).

Pihaknya memprediksi, puncak pergerakan arus mudik tertinggi akan terjadi pada H-3 lebaran. Yakni, sejumlah 240 pergerakan atau meningkat sebesar 36 persen, jika dibandingkan dengan hari normal non peak season tahun 2022 sejumlah rata-rata 176 pergerakan pesawat per hari. 

“Jumlah tertinggi diperkirakan sebanyak 37.818 penumpang pada H-2 lebaran, lebih tinggi dari rata-rata penumpang harian pada hari normal non peak season tahun 2022 sejumlah rata-rata 22.299 penumpang atau diprediksi meningkat 70 persen,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan beberapa langkah antisipasi, mulai dari persiapan pembentukan Posko Layanan Angkutan Udara Lebaran, koordinasi lintas instansi, dan memastikan penerapan protokol kesehatan dan physical distancing di setiap area terminal.

“Hal lain secara teknis yang kami lakukan adalah koordinasi lintas instansi untuk pengaturan slot, manajemen alur penumpang dan ruang tunggu, memaksimalkan patroli keamanan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan,” ucap Sisyani.

Sisyani menambahkan, saat ini ada dua operator penerbangan yang telah mengajukan extra flight untuk periode libur lebaran, yakni Air Asia dan Lion Air. 

“Hingga tanggal 19 April 2022, Air Asia telah mengajukan 19 extra flight dengan tujuan Bali dan Lion Air total mengajukan 373 extra flight untuk 4 rute yakni Banjarmasin, Balikpapan, Bali, dan Pontianak. Periode pelaksanaan extra flight ini mulai tanggal 20 April hingga 20 Mei 2022,” jelasnya.

Ia pun mengimbau seluruh calon penumpang yang akan berangkat untuk memperhatikan persyaratan penerbangan. 

“Semua upaya tersebut kami lakukan untuk memastikan tingkat keselamatan, keamanan, serta pelayanan yang unggul bagi para pengguna jasa,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.