Armuji Dorong Lebih Banyak Guru di Surabaya Bersertifikasi

Yovie Wicaksono - 25 July 2022
Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Kabid Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ahmad Sya’roni menyatakan, sebanyak 10.859 guru, mulai dari TK, SD, hingga SMP baik dari satuan pendidikan negeri dan swasta belum memiliki sertifikasi. Sedangkan yang telah tersertifikasi ada sebanyak 10.692 guru.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menilai, sertifikasi terhadap pengajar merupakan hal penting, mengingat hal tersebut menjadi salah satu indikator terhadap kompetensi dan profesionalitas dalam membimbing peserta didik.

“Kalau di persentase sebanyak 46,87 guru dari jenjang TK hingga SMP sudah tersertifikasi. Saya mendorong agar lebih banyak lagi guru yang mengikuti sertifikasi,” kata Armuji, Senin (25/7/2022).

Terkait dengan permasalahan perbedaan kualifikasi akademik dan tanggung jawab mengajar yang berbeda, lanjut Armuji, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang melakukan pemetaan agar bisa dilakukan penyesuaian antara bidang kerja, ijazah dengan kebutuhan guru di sekolah sehingga memperbesar peluang mengikuti sertifikasi.

“Pasca diterapkannya kurikulum merdeka, para pengajar dituntut menjadi kreatif, inovatif dan terampil dalam pembelajaran serta semangat melayani peserta didik,” tegas Armuji.

Selain itu, guru juga diharapkan mampu membangun dan mengembangkan hubungan antara guru, sekolah, komunitas yang lebih luas, serta menjadi pembelajar sekaligus penggerak perubahan di sekolah.

Armuji juga menjamin bahwa Dinas Pendidikan Kota Surabaya memberikan layanan yang optimal terhadap guru dan tenaga pendidikan untuk mendukung proses sertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.