Wiranto Ingatkan Para Demonstran Taati Aturan 

Yovie Wicaksono - 30 September 2019
Menteri Koordinator Bidang Politik,  Hukum dan Keamanan Wiranto (tengah). Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, besok diperkirakan masih akan ada demonstrasi dari beberapa kelompok masyarakat. Wiranto mengingatkan agar demonstrasi menaati peraturan perundang-undangan yang ada sehingga tidak membuat masyarakat was-was dan khawatir.

“Memang diperkirakan bahwa besok masih ada demonstrasi dari beberapa kelompok masyarakat, Ormas. Kita hanya mengingatkan bahwa demonstrasi atau sebutan lain menyampaikan pendapat di muka umum, itu memang diijinkan, dibolehkan oleh undang-undang dan pengaturan itu sangat ketat, harus ada ijin dari aparat, temanya apa, dimana, jam berapa sampai jam berapa. Kalau demo semacam itu dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan maka demonstrasi tidak menakutkan, tidak akan membuat masyarakat menjadi was-was dan tidak khawatir, tidak akan mengganggu kehidupan masyarakat, tidak mengganggu aktivitas masyarakat kalau dilaksanakan sesuai aturan,” kata Wiranto di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Masalahnya, kata Wiranto, saat ini yang dihadapi kemungkinan adalah demonstrasi yang anarkis, demonstrasi yang justru melanggar aturan-aturan dan demonstrasi yang terkadang menyerang petugas, merusak, dan membakar. Menurutnya, ini bukan demo lagi tapi satu gerakan yang dilakukan oleh para perusuh, maka sebenarnya aparat keamanan tidak lagi melaksanakan langkah-langkah anti demonstrasi tapi anti kerusuhan.

“Oleh karena itu, teman-teman yang berdemo jangan sampai menjurus kepada demonstrasi yang anarkis, jangan mau diprovokasi, didorong untuk melakukan langkah-langkah yang anarkis. Itu bukan demo,bukan menyampaikan pendapat di muka umum, tapi sudah melakukan satu aksi-aksi melawan hukum yang disebut dengan gerakan kerusuhan atau gerakan anarkis yang biasanya dilakukan oleh para perusuh,” kata Wiranto.

Namun dalam hal ini, aparat keamanan telah mempersiapkan pasukan untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Wiranto pun meminta agar masyarakat tenang, tidak terganggu dengan aktivitas demo, dan laksanakan kegiatan sehari-hari.

“Tapi tetap kita peringatkan kepada para demonstran jangan bertindak anarkis, jangan sampai mengganggu pelaksanaan proses pelantikan DPR RI yang merupakan amanat konstitusi, yang merupakan amanat dari pemilihan langsung oleh rakyat,” kata Wiranto. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.