Tips Mempersiapkan Anak Berpuasa

Yovie Wicaksono - 25 March 2022

SR, Jakarta – Bulan Ramadan atau bulan puasa tinggal beberapa hari lagi. Banyak orang tua khawatir bahwa anak-anaknya tidak akan sanggup untuk melaksanakan ibadah puasa hingga penuh. Mom Fluencer, Tika Hendarto pun membagikan beberapa tips agar anak-anak bisa berpuasa penuh.

“Dimulai dengan 3 hari menjelang puasa. Hari pertama air putihnya ditambah, lalu banyakin protein tinggi seperti madu, susu, yogurt, buah dan sayur. Jangan lupa untuk berolahraga supaya imun tubuhnya tambah bagus,” kata Tika Hendarto, Jumat (25/3/2022).

Agar anak tidak bosan dengan menu saat berbuka dan sahur, Tika menyarankan agar menu makanan dibuat bervariasi. 

“Tidak melulu makan nasi, tapi bisa diselang seling dengan pasta, kentang, ubi, mie, bihun, burger, supaya puasanya tetap semangat, bisa makan enak plus sehat karena dapat banyak nutrisi dari variasi makannya,” katanya.

Menurut Tika, sesekali mengabulkan permintaan makanan anak sangat diperbolehkan. Misalnya saja saat anak ingin makan gorengan atau junkfood, namun asupan air putih harus ditambah, begitu juga dengan sayuran dan buah-buahan. 

“Tujuannya agar balance saja, dapat makanan kesukaan tapi menu sehatnya tidak hilang,” katanya.

Tika mengatakan, gizi seimbang tidak harus didapat dari makanan yang mahal, tetapi yang terpenting adalah protein, sayur dan buah. 

“Intinya bukan di bahan masakan yang mahal, tapi variasi menu makanan yang dapat disesuaikan dengan budget namun tetap gizi seimbang,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.