Tarawih Pertama di Masjid Agung Sidoarjo

Yovie Wicaksono - 3 April 2022
Tarawih Pertama di Masjid Agung Sidoarjo, Sabtu (2/4/2022). Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Sidoarjo – Suasana malam Ramadan mulai tampak di kawasan Masjid Agung Sidoarjo, Sabtu (3/4/2022) malam.

Hal ini terlihat dari berlangsungnya pelaksanaan  tarawih hari pertama disana. Tampak masyarakat dengan antusias memasuki area masjid dan bergegas mengisi shaf yang kosong.

Setengah area lantai 1 pun terisi penuh oleh jemaah yang khusyuk melaksanakan salat tarawih berjumlah 20 rakaat itu. 

“Senang akhirnya bisa salat disini lagi. Akhirnya bisa merasakan nuansa Ramadan seperti sebelum pandemi,” ucap salah satu warga Gedangan yang mengikuti salat tarawih di Masjid Agung Sidoarjo, Intan.

Intan yang datang bersama suami dan anaknya itu mengaku sengaja memilih Masjid Agung sebagai tempat tarawih agar lebih khidmat.

“Dari dulu sudah biasa tiap tarawih pertama harus di Masjid Agung, cuma sempat nggak dilakukan tahun lalu karena saat itu Covid-19 sedang naik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Sidoarjo, Nadhim mengatakan, pelaksanaan tarawih tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya.

Kini, pihaknya tidak lagi membatasi kapasitas dan menjaga jarak antar shaf para jemaah. Namun, sejumlah petugas tetap disiagakan untuk menjaga ketertiban dan mengimbau masyarakat agar memakai masker. 

“Kita siapkan masker untuk masyarakat yang lupa membawa masker. Kita ingatkan juga untuk salat menggunakan masker,” ujarnya.

Nantinya, dari tiga lantai yang ada, pihaknya hanya akan menggunakan lantai 1 dengan kapasitas 2000 orang, untuk masyarakat yang ingin mengisi kegiatan Ramadan di masjid.

“Kapasitasnya 5000 orang kalau lantai 1-3 difungsikan. Untuk tarawih yang difungsikan hanya lantai 1,” ucapnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.