SOTH, Salah Satu Terobosan Meningkatkan Kemampuan Orang Tua

Yovie Wicaksono - 12 June 2021

SR, Surabaya – Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso mengatakan Sekolah Orang Tua Hebat  (SOTH) merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan kemampuan para orang tua dalam melakukan pengasuhan bagi anaknya, terutama bagi balita.

“Mengapa balita? Masa balita merupakan golden period, waktu paling banyak dihabiskan bersama keluarga. Kedekatan orang tua terhadap balita akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan balita, apakah tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang unggul atau sebaliknya,” kata Teguh saat memberi sambutan pada acara Pembukaan Sekolah Orang Tua Hebat  (SOTH) yang diprakarsai BKKBN Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Lamongan, Jumat (11/6/2021).

“Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga tentang pengasuhan dapat menjadi langkah strategis untuk memaksimalkan golden period dan mencetak generasi unggul,” imbuhnya.

Teguh menyampaikan, ada empat gaya pengasuhan berbeda yang biasa diterapkan para orang tua, pertama tipe otoriter, tipe authoritative, type permisif, dan tipe membiarkan/tidak terlibat/cuek.

“Sekolah Orang Tua Hebat merupakan pengembangan dari BKB Holistik Integratif. Pendekatan Pendidikan luar sekolah dibutuhkan agar proses transfer pengetahuan dari fasilitator kepada warga belajar atau warga belajar dengan fasilitator berjalan dengan baik (dengan pendekatan pembelajaran orang dewasa),” kata Teguh.

Dalam SOTH keterlibatan Perguruan tinggi (Univ. Ciputra Surabaya) sebagai pendamping dan konselor diharapkan memberikan nilai lebih pada Sekolah Orang Tua Hebat. 

“Sekolah Orang Tua Hebat dilakukan selama 13 pertemuan, selama pertemuan ini keterlibatan suami juga dibutuhkan, karena suami juga memiliki peranan yang cukup besar,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.