Sambut Ramadhan dengan Melukis Harapan

Yovie Wicaksono - 29 April 2019
Alfiqi Dias Rexsiano bersama balon harapannya. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Ratusan anak yatim binaan Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) menggelar acara tarhib (sambut) Ramadhan 2019, dengan melukis harapan dan keinginan mereka selama Ramadhan di balon warna-warni, di Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya, Senin (29/4/2019).

“Kegiatan ini untuk menyiapkan mental anak-anak agar mereka mengisi bulan Puasa dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya adalah dengan merangsang mereka melalui harapan dan keinginan mengisi Ramadhan berupa melukis,” ujar Humas YDSF, Khoirul Anam.

Dari hasil melukis itu, akan dipilih tiga terbaik dan mendapatkan hadiah dari panitia. Selain melukis, mereka juga mendengarkan kisah teladan tentang kemuliaan bulan Ramadhan, dari Perhimpunan Pengkisah Muslim Indonesia.

Anam menambahkan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin membuat anak yatim bergembira dalam menyambut Ramadhan nanti.

“Kita ingin anak yatim bergembira dalam menyambut Ramadhan, karena Ramadhan kan bulan yang mulia, penuh dengan berkah,” tambahnya.

Salah satu peserta, Alfiqi Dias Rexsiano (9) dari Yayasan Penolong Pembina Anak Yatim dan Fakir Miskin (PPAY) Al – Amal, Surabaya, terlihat serius menggambar sebuah masjid dengan bertuliskan Selamat Hari Raya pada balon berwarna orange miliknya.

“Gambar masjid karena waktu puasa suka ke masjid untuk sholat dan berdoa kepada Allah, terus habis puasa kan Hari Raya jadi tulis Selamat Hari Raya,” ujar anak kelas 4 Sekolah Dasar ini.

Ia juga mengaku semangat dan senang menyambut bulan Ramadhan, karena bisa berkumpul bersama keluarganya untuk berbuka puasa bersama.

Pengasuh dari Al-Ikhlas Tanjung Sari, Gus Huda, juga turut senang melihat keceriaan anak-anak dalam kegiatan ini, terlebih semangat mereka dalam menyambut Ramadhan yang tergambar dari masing-masing balon yang penuh dengan harapan.

“Saya turut senang, karena mereka bisa berkumpul bersama temannya, bisa membangkitkan semangat mereka terlebih dalam menyambut Ramadhan, dan mereka tau bahwa banyak orang yang sayang dan peduli dengan mereka, mereka tidak sendirian,” tandasnya.

Sekedar informasi, kegiatan Tarhib Ramadhan ini merupakan agenda tahunan yang digelar oleh YDSF, dalam kegiatan tahun ini YDSF melibatkan 10 panti binaan YDSF di Surabaya, mulai dari siswa Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Pertama.

Tahun ini, YDSF telah memberikan bantuan beasiswa untuk anak yatim yang ada di panti asuhan se-Jawa Timur senilai 2,4 Milyar (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.