Kunjungi Kampung Bung Karno, Khusnul Khotimah: Pandean Dipilih Tuhan

Yovie Wicaksono - 6 June 2021

SR, Surabaya – Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah menghadiri acara “Malam Refleksi Kelahiran Bung Karno” yang diselenggarakan di Kampung Pandean, Surabaya pada Sabtu (5/6/2021) malam.

Dalam acara tersebut, perempuan yang juga menjabat sebagai pengurus DPC PDI Perjuangan ini mengatakan, warga Pandean harus bangga karena Tuhan telah memilih kampungnya, menjadi tempat kelahiran tokoh internasional yakni bapak proklamator Ir. Soekarno.

“Tuhan yang menentukan manusia lahir dimana dan lewat ibu mana. Ternyata Tuhan menitipkan ciptaan-Nya melalui pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai, lahirlah Kusno yang selanjutnya bernama Soekarno di Kampung Pandean ini,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Tokoh masyarakat Peneleh Cak Kurniawan yang turut hadir, juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap kampung yang menghasilkan tokoh-tokoh nasional ini.

“Kami dan hingga anak cucu kami, pasti punya kebanggaan, karena disinilah Bung Karno dilahirkan. Bahkan, selain tempat kelahiran Bung Karno, kampung ini juga menghasilkan tokoh-tokoh nasional lainnya yang aktif melawan penjajahan,” ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut para warga juga berkesempatan untuk menyampaikan keluh kesahnya kepada Khusnul Khotimah.

Supeno, selaku ketua RT Jalan Pandean, sekaligus tuan rumah acara tersebut menyampaikan  bahwa masih banyak masyarakat disana yang menganggur utamanya anak muda. Sehingga dia berharap, kedepannya mereka dapat diberdayakan menjadi pemandu wisata dengan kemampuan berbahasa Inggris di kampung Pandean.

“Bu Dewan, karena rumah ini sudah menjadi cagar budaya dan dengernya mau jadi wilayah wisata. Usul saya, anak-anak muda disini dipekerjakan pemandu wisata dengan kemampuan berbahasa Inggris. Jadi tidak ada yang menganggur,” ucapnya.

“Kan lucu ya Bu, Pandean dikenal internasional tapi pemudanya masih banyak yang menganggur,” lanjutnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.