RSLI Rawat 23 Pasien Positif Covid-19 yang Terjaring di Suramadu

Yovie Wicaksono - 7 June 2021
Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara (kiri) saat konferensi pers di Surabaya, Senin (7/6/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mengalami lonjakan.

Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, sejak kemarin sore hingga siang ini sudah ada 13 orang dari hasil tracing Suramadu dikirim dan dirawat di RS dengan konfirmasi swab PCR Positif.

“Dimana 10 orang dengan CT value di bawah 25 penanganannya khusus dan dipisahkan. Sembari kita menunggu hasil sequencing samplenya. Kita kirim ke ITD dan Balitbangkes Jakarta samplenya,” ujar Nalendra saat konferensi pers di Surabaya, Senin (7/6/2021).

Adapun hingga siang ini, lanjutnya, masih ada daftar tunggu (inden) 10 orang lagi yang segera masuk. Sehingga total ada 23 pasien dari hasil tes acak Covid-19 di Jembatan Suramadu yang akan dirawat di RSLI.

“Daya tampung RSLI 400 bed, sekarang terisi 110 pasien. Masih ada space 290 orang. Jika pasien sudah 300 an, sesuai ketentuan WHO akan dianggap penuh (70 persen kapasitas bed) tentunya akan dilakukan langkah-langkah lanjutan,” katanya.

Ia menambahkan, RSLI juga telah membantu meminjamkan 50 bed untuk tindak lanjut penanganan kasus bangkalan dan penyekatan Suramadu.

Seperti diketahui, Pemkot Surabaya melakukan penyekatan dan tes antigen di Suramadu pada Minggu (6/6/2021). Hasilnya, sebanyak 2.600 pengendara sudah di tes antigen dan 83 orang dinyatakan positif. Setelah itu, melalui tes swab PCR sebanyak 24 orang dinyatakan positif. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.