Ragam Manfaat Bawang Putih

Yovie Wicaksono - 8 August 2020
Ilustrasi

SR, Surabaya – Bagi anda yang gemar memasak, bawang putih bisa jadi satu pilihan bahan yang tidak pernah ditinggalkan. Bawang putih bisa jadi sebagai salah satu yang membuat sedap aroma masakan. Misalnya nasi goreng, mie goreng serta sayur sop.

Di satu sisi bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk memasak saja, melainkan juga sebagai “obat”. Senyawa belerang dan allicin yang ditemukan dalam bawang putih segar memiliki sifat antibakteri dan anti jamur.

Allicin adalah senyawa aktif dalam bawang putih yang bersifat tidak stabil, dan efektif membunuh mikroba, seperti kuman-kuman penyebab infeksi. Bahkan, kandungan dalam bawang putih dinilai mampu membantu mencegah munculnya kanker.

Bawang putih juga diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Berikut manfaat lain dari bawang putih yang berhasil dirangkum Super Radio dari berbagai sumber :

1. Mencegah dan mengobati flu
Kandungan antioksidan di dalam bawang putih dapat dimanfaatkan untuk kekebalan tubuh. Saat anda mengalami flu, bawang putih bisa dijadikan obat. Caranya sangat mudah, buatlah seduhan “teh” bawang putih, dengan cara merajangnya hingga halus, dan diseduh air panas. Diamkan selama beberapa menit, tiriskan dan diminum. Sebagai penambah cita rasa, anda bisa menambahkan madu atau jahe sesuai selera.

2. Cegah kerontokan rambut
Kandungan allicin yang tinggi, membuat bawang putih diklaim bisa mengatasi persoalan kerontokan rambut. Caranya, gosokkan siung bawang putih di kulit kepala, peras cairan hingga membasahi kulit kepala untuk manfaat yang lebih besar. Cara lain adalah dengan memasukkan minyak yang dicampur bawang putih, untuk digunakan dengan cara memijat kulit kepala.

3. Mengobati jerawat
Meski bukan bahan utama dalam obat jerawat, bawang putih dianggap mampu menjadi obat alami jerawat. Caranya, gosokkan bawang putih di atas jerawat untuk mendapatkan perawatan topikal yang efektif.

4. Mengobati infeksi telinga
Bawang putih banyak digunakan untuk mengobati infeksi telinga dan berbagai infeksi lainnya juga. Caranya, letakkan sepotong kecil bawang putih yang diikat benang, sebelum dimasukkan ke rongga telinga. Tarik keluar saat dirasa cukup.

5. Gatal pada kaki
Dengan khasiat anti jamur, salah satu manfaat lain bawang putih adalah untuk meredakan gatal pada kaki. Rendam kaki dalam bak air hangat yang dicampur dengan rajangan bawang putih.

Nah, jika anda memiliki masalah dengan lima hal tersebut. Tidak ada salahnya, jika memanfaatkan kandungan yang ada di bawang putih. (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.