Puan : TNI Perlu Penguatan di Bidang Teknologi

Yovie Wicaksono - 5 October 2021

SR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menilai TNI perlu penguatan di bidang teknologi untuk mengantisipasi terjadinya perang non konvensional seperti perang siber atau cyber war.

“TNI memiliki berbagai tantangan di usianya yang ke-76. TNI perlu penguatan di bidang teknologi untuk mengantisipasi terjadinya perang non konvensional seperti perang siber,” kata Puan dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Dia mengaku bersyukur saat ini taruna TNI banyak yang berasal dari gen Z yang memiliki keunggulan di bidang teknologi. Menurutnya, perubahan zaman yang terjadi harus disesuaikan dalam pola kerja dan pembinaan di institusi TNI.

Puan juga berharap TNI lebih bisa menjaga kedaulatan maritim khususnya menyangkut adanya potensi konflik kawasan.

“Banyak kapal asing yang masuk di Laut Natuna bisa mengancam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Harus ada kerja sama seluruh matra TNI, bukan hanya TNI AL saja, karena sudah menjadi tugas seluruh prajurit TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Puan menegaskan, DPR RI juga terus mendorong agar pemerintah melakukan peningkatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk menunjang tugas TNI dalam menjaga kedaulatan negara.

Selain itu, dia berharap agar TNI terus mencetak prajurit unggul agar senantiasa mampu menjaga pertahanan dan keamanan bangsa.

“Di HUT ke-76, TNI harus selalu menjaga soliditas baik internal maupun eksternal, termasuk dengan Polri dan instansi lainnya. Terus mengabdi untuk negeri, dan tak pernah lelah menjaga rakyat serta negara,” katanya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.