PPKM, Jumlah Pasien Covid-19 di RSLI Surabaya Meningkat

Yovie Wicaksono - 19 January 2021
Petugas kesehatan membantu seorang pasien COVID-19 memasuki ruangan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/1/2021). Foto : (Antaranews)

SR, Surabaya – Di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Pahlawan, jumlah pasien di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya justru mengalami peningkatan.

“Ada peningkatan pasien, rata-rata kita sudah hampir tiap hari diatas 300 lebih,” ujar Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksma I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Selasa (19/1/2021).

Ditambahkan, saat ini ruang observasi ketat sebanyak 18 tempat tidur yang disiapkan, hampir penuh di setiap harinya.

Sementara itu, jumlah kapasitas tempat tidur (bed) yang awalnya berjumlah 375 bed, kini menjadi sekira 480 bed untuk menangani pasien yang semakin bertambah.

“Sekarang sudah hampir 480 bed, target kita seperti itu (ada penambahan kapasitas bed, red) dengan kondisi sekarang, rumah sakit sudah mulai penuh, pas kondisi pasien memburuk, kita harus siapkan sarana prasarananya untuk terapi oksigen dan lainnya, karena untuk kita rujuk kan pasti butuh tempat, sedangkan di tempat lain juga penuh situasi kondisinya,” ujarnya.

“Tadi pagi ada 310 pasien, yang kita pulangkan kurang lebih 26 pasien, tapi yang inden sudah 27 pasien, belum lagi pasien yang datang mendadak yang perlu kita tangani,” imbuhnya.

Pasien yang datang mulai dari gejala ringan, sedang, hingga berat. Dan pada saat ini, paling banyak pasien berasal dari klaster keluarga.

“Banyak yang dari klaster keluarga. Klaster perkantoran atau institusi saat ini tidak banyak, karena mungkin mereka sebagian besar WFH (bekerja dari rumah, red),” ujarnya.

Nalendra sendiri sudah memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah pasien Covid-19 di RSLI pada pertengahan Januari 2021. Salah satu penyebabnya, libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Hingga Selasa (19/1/2021), pukul 21.00 WIB, total pasien yang sudah dirawat di RSLI Surabaya ada sebanyak 5733 orang. Terdiri dari 3446 pasien laki-laki dan 2287 pasien perempuan. Sementara untuk pasien yang sudah sembuh sebanyak 5292 orang. Terdiri dari 3173 pasien laki-laki dan 2119 pasien perempuan.

“Semoga pasien tidak banyak lagi, bisa terus menurun, sehingga teman-teman di RSLI ini bisa kembali lagi sesuai tupoksi masing-masing mereka, ada yang bertugas di RS. Soetomo, saya sendiri dari Jakarta, ada dari kesehatan Malang, TNI angkatan darat, juga relawan-relawan yang sudah berapa lama tidak bisa bertemu dengan keluarga,” ujarnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.