Pastikan Patuhi Prokes, Khofifah Langsung Pantau TPS 08 di Kebomas Gresik

Yovie Wicaksono - 9 December 2020
Gubernur Jatim bersama jajaran pantau TPS 08 di Kebomas Gresik. Foto : (JNR)

SR, Gresik – Guna memastikan pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020 di Jatim sesuai atau mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa beserta Pangdam V Brawijaya Mayjen TNi, Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, KPU, dan Bawaslu Jatim melakukan kunjungan ke Kabupaten Gresik, Selasa (8/12/2020).

Khofifah dan rombongan langsung ke TPS 08 di Dusun Singopadu, Desa Dahan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

“Kita terus minta kepada KPU dan Bawaslu untuk selalu memonitor dan mengawal pencoblosan ini pada 9 Desember besok, dan memastikan memakai protokol kesehatan secara ketat,” kata Khofifah di sela – sela kunjungannya.

Khofifah melakukan kunjungan langsung ke TPS ini juga ingin memastikan ketersediaan bilik khusus untuk yang bersuhu badan tinggi. 

“Kalau Pilkada lalu kan tidak ada, nah sekarang jika ada yang bersuhu badan di atas 37,3 derajat Celcius, maka langsung diarahkan ke bilik khusus,” ujarnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim, juga ingin memastikan bahwa di seluruh TPS yang ada petugasnya harus non reaktif rapidnya atau negatif hasil swab-nya.  

“Kita tidak ingin muncul klaster baru maka harus melakukan protokol kesehatan yang ketat, gunakan hak pilih anda, dan jangan golput,” pinta Khofifah.

Sementara itu Ketua KPU Jatim, Khoirul Anwar mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Forkopimda Jatim demi kelancaran Pilkada ini. 

“Dari 40.607 TPS secara umum siap melaksanakan proses pencoblosan 9 Desember, tidak ada satupun yang ditunda dengan alasan apapun,” kata Anam.

Walaupun masih ada beberapa kekurangan namun semua bisa teratasi. “Seperti bilik khusus yang masih sedikit terbuka atau letaknya terlalu tinggi dan lain sebagainya, namun semuanya bisa dikatakan siap,” pungkas Anam.

Setelah mengunjungi TPS di kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik, Khofifah beserta rombongan langsung menuju kantor Pemda atau Bupati Gresik untuk menggelar rapat dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.