Meriah!! Grand Opening Kota Lama Surabaya Penuh Antusias Warga

Rudy Hartono - 4 July 2024

SR, Surabaya – Antusias warga tak terbendung untuk menyaksikan Grand Launching Kota Lama Surabaya pada Rabu (3/7/2024). Tampak sejak sore ribuan warga penuhi kawasan Gedung Internatio hingga taman sejarah.

Ada yang dari luar kota, daerah sekitar, hingga rela berangkat lebih awal demi mendapat tempat strategis. Salah satunya Ayu Sulistyowati, warga Pesapen yang datang ke lokasi sejak pukul 14.00 WIB.

Perempuan usia 46 tahun itu memilih jalan kaki menuju lokasi sambil bernostalgia mengingat Kota Lama di era dulu. “Kesini tahu sebelum direvitalisasi, sekarang senang sekali ini direvitalisasi, dulu kelihatan kumuh juga banyak orang jualan asongan,” ujarnya.

Ia yang berangkat dengan sang cucu itu sangat antusias menonton gelaran Grand Launching Kota Lama Surabaya. Salah satu yang dinantikannya adalah pertunjukan opera “Andai Aku Seorang Belanda”.

“Yang paling ditunggu pentas nya itu saya pengen tahu juga soalnya. Tadi aja kesini jalan kaki karena rumahnya dekat di pesapen, antusias sekali,” tuturnya.

Seperti diketahui pembukaan wisata Kota Lama yang meliputi zona eropa, pecinan, dan arab itu memang sangat dinantikan warga. Berbagai hiburan pun disajikan.

Mulai dari penampilan drumband oleh Gita Jala Taruna, opera oleh Cak dan Ning Suroboyo bertajuk Andai Aku Seorang Belanda, hingga ke pertunjukan yang paling ditunggu-tunggu yakni pertunjukan video maping mengisahkan tewasnya Jenderal AWS Mallaby.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut, Kota Lama telah dilengkapi berbagai fasilitas untuk pengunjung. Seperti persewaan kostum sejarah, paket wisata Jeep, becak wisata, dan kuliner di sepanjang jalan.

“Saya ingin arek Suroboyo mengenang perjuangan para pejuang terdahulu. Terima kasih pada seluruh stakeholder yang membantu bekerja sama, pada rekan media dan influencer yang membuat kota lama viral,” ucap Eri Cahyadi. (hk/red)

 

 

 

 

 

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.