Mahfud MD Minta KPK Bijak Sikapi Isu Lili Pintauli Siregar

Yovie Wicaksono - 18 April 2022
Menko Polhukam, Mahfud MD. Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bijak menyikapi isu terkait pengaduan masyarakat atas perilaku Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar.

“KPK harus menyikapi isu tersebut secara bijak. Penyikapan itu karena isunya disoroti oleh Kemlu AS, tapi juga karena hal tersebut sudah menjadi isu di dalam negeri kita sendiri,” kata Mahfud MD, Senin (18/4/2022).

Mahfud meminta agar kasus ini diselesaikan secara transparan dan tegas, tidak perlu ditutup-tutupi. Selain itu, ia juga mendorong Dewan Pengawas agar menunjukkan sikap tegas kepada publik.

“Kalau Lili Pintauli salah harus dijatuhi sanksi, tapi kalau benar dia harus dibela. Jangan sampai terjadi public distrust tapi juga jangan sampai terjadi demoralisasi dan ketidaknyamanan di internal KPK,” katanya.

“Berdasar hasil survei, belakangan ini KPK semakin baik prestasi dan kinerjanya. Ibarat lukisan, jangan sampai lukisan yang sudah bagus menjadi ternoda oleh tetesan cat yang tak perlu,” sambungnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyoroti tentang masalah korupsi yang terjadi di Indonesia. Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar pun disorot terkait dengan kasus pelanggaran etik. Kala itu, Dewan Pengawas KPK pernah memberikan sanksi berat terhadap Lili Pintauli karena terbukti berhubungan dengan pihak yang perkaranya sedang ditangani KPK, yaitu Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli juga kembali dilaporkan ke Dewan Pengawas KPK karena diduga menerima fasilitas berupa tiket nonton MotoGP Mandalika pada Grandstand Premium Zona A-Red dan penginapan di Amber Lombok Beach Resort dari salah satu BUMN. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.