Lomba Patrol Disabilitas

Yovie Wicaksono - 1 December 2019

SR, Surabaya – Puluhan penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Jawa Timur, mengikuti lomba patrol memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019 yang diselenggarakan Yayasan dan Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jatim, Sabtu (30/11/2019) malam.

Dengan menggunakan alat musik sederhana, seperti kentongan, drum bekas, botol kaca, galon, hingga tutup panci, mereka secara bergantian unjuk kebolehan.

Lomba, dalam satu tim berisikan 10 orang yang terdiri dari 30 persen non disabilitas dan 70 persen disabilitas.

Salah satu peserta lomba patrol, Disable Motorcycle Indonesia (DMI) Surabaya tampil dengan membawakan lagu Gambang Suling, Suwe Ora Jamu, serta lagu Salah Apa Aku (Entah Apa yang Merasukimu) dari ILIR7 yang saat ini sedang viral.

“Tim kita yang non disabilitas hanya satu saja. Untuk persiapan kita hanya latihan dalam empat kali pertemuan. Alhamdulillah tidak ada kendala saat berlatih, karena kita semua enjoy,” ujar koordinator lomba patrol DMI Surabaya, Mochammad Bambang Supriyanto yang juga penyandang disabilitas tuna daksa.

Ketua DMI Surabaya, Selamet Poernomo mengapresiasi kegiatan tersebut, ia merasa melalui wadah tersebut para penyandang disabilitas sangat dihargai dan diperhatikan. Ia juga berharap, kedepan hak-hak disabilitas mampu dipenuhi oleh negara dari segala aspek.

“Ini merupakan tugas kita bersama untuk memenuhi kebutuhan teman-teman disabilitas. Disini rumah mereka, wadah mereka untuk bertemu bersama, menyalurkan minat bakat mereka dalam berbagai kegiatan HDI ini,” ujar Ketua BK3S Jatim, Pinky Saptandari. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.