Lantik Pejabat Baru, Mahfud MD: Mari Kawal Protokol Kenormalan Baru

Yovie Wicaksono - 2 June 2020
Pelantikan dan sumpah jabatan Dr. Janedjri M. Gaffar sebagai Deputi Bidang Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam. Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melantik dan mengambil sumpah jabatan Dr. Janedjri M. Gaffar sebagai Deputi Bidang Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam. Hal ini merupakan pelaksanaan dan tindak lanjut Keputusan Presiden Nomor 90/TPA Tahun 2020 tanggal 19 Mei 2020.

“Atas nama pemerintah serta atas nama pribadi dan keluarga, saya menyampaikan ucapan selamat kepada Dr. Janedjri M. Gaffar dan istri atas kepercayaan sekaligus amanah ini. Saya percaya, dengan bekal pendidikan, pengalaman serta pemahaman atas berbagai permasalahan di berbagai bidang penugasan, saudara akan mampu melaksanakan tugas yang diembankan sebaik-baiknya,” ujar Mahfud MD, Selasa (2/6/2020).

Ia pun menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kemenko Polhukam untuk siap mengawal arahan Presiden terkait dengan protokol kenormalan baru yang akan segera ditetapkan dalam minggu ini.

Dijelaskan bahwa istilah kenormalan baru atau new normal hanya salah satu yang dipakai dari banyak istilah seperti pelonggaran, relaksasi, kemudian di Jawa Barat ada istilah adaptasi kehidupan baru. Namun Presiden sendiri dalam sidang kabinet menyatakan masyarakat produktif dan bebas atau aman dari Covid-19.

“Ini akan ditetapkan dalam beberapa waktu ke depan, secara bertahap, mungkin dalam 2 atau 3 hari ke depan, atau dalam minggu ini. Secara bertahap tidak secara menyeluruh, sesuai dengan tingkat risiko penularan dan kemampuan pemerintah dalam mengantisipasi,” kata Mahfud.

“Kita harus berkeyakinan bahwa pandemi ini akan segera berakhir dan kehidupan masyarakat akan kembali normal seperti sedia kala,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga melepas empat pejabat yang telah mengabdi di Kemenko Polhukam, yakni Mayjen TNI (Purn) Wawan Kustiawan selaku Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Irjen Pol Carlo Brix Tewu, Irjen Pol (Purn) Bambang Soetjahyo selaku Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, dan Arief P. Moekiyat selaku Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa.

“Tidak lama sebenarnya kita bersama, ada yang baru menjabat kira-kira 2 bulan yang lalu, ada yang ketika saya masuk tapi harus pindah di tengah perjalanan tugas yaitu Pak Carlo, kemudian ada yang sejak awal saya masuk dan harus berpisah pada hari ini secara resmi yaitu pak Mayjen Wawan Kustiawan dan Pak Arief Moekiyat. Dalam waktu yang pendek itu saudara telah memberikan kontribusi yang sangat besar di dalam tugas-tugas saya dan saya akan mengingatnya dan mengenang itu sebagai pengabdian dari putra-putra bangsa yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara,” kata Mahfud.

“Saya berharap saudara-saudara dapat terus melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara pada wilayah pengabdian lainnya,” tutupnya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.