Operasi Pohon Plastik di Kali Bulusari

Yovie Wicaksono - 10 October 2021
Seorang relawan membersihkan sampah plastik yang menyangkut di akar pohon yang ada di Kali Bulusari, Minggu (10/10/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Pasuruan – Beberapa komunitas peduli lingkungan memanfaatkan libur akhir pekan dengan menggelar operasi pohon plastik, yakni membersihkan pohon dari sampah plastik di Kali Bulusari, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Minggu (10/10/2021).

Kegiatan yang digelar Ecoton berkolaborasi dengan The Body Shop beserta 20 pemuda dari Relawan Sungai Nusantara, mahasiswa UTM, Unair, Untag, UB, dan pelajar SMK Negeri 1 Driyorejo sejak pukul 09.00 WIB ini terbagi menjadi 4 kelompok untuk masing-masing kelompok menyelamatkan satu pohon yang terlilit plastik.  

Kegiatan ini pun berhasil mengumpulkan sebanyak 10 karung lebih sampah plastik seberat 1 kwintal lebih. Dimana sampah plastik yang mendominasi di Kali Bulusari banyak dari jenis tas kresek tanpa merek, sachet dan kemasan makanan bermerek. 

“Posisi kedua dominasi popok dan pembalut,” imbuh Yunier Humairoh Ningtyas dari komunitas brigade peduli lingkungan.

Salah satu warga Bulusari, Irsyad mengatakan bahwa Kali Bulusari seringkali digunakan warga sebagai tempat memancing.

“Dulu di Kali Bulusari ini banyak udang, tapi sekarang sudah tidak ada karena tercemari sampah plastik dan limbah tekstil,” ujar Irsyad. 

Koordinator kegiatan, Kholid Basyaiban mengatakan, hal tersebut terjadi karena sampah-sampah ini jika terkena matahari akan terpecah-pecah atau terfragmentasi menjadi bentuk yang sangat kecil atau disebut mikroplastik. “Yang kemudian akan mengganggu plankton yang merupakan sumber makanan ikan dan ekosistem sungai sekitar,” ujarnya.

Selain itu, Kholid juga mengungkapkan bahwa sampah plastik yang nyangkut di pohon dan akar pohon di bantaran sungai berpotensi membuat pohon serta tumbuhan di bantaran sungai mati.

Maka dari itu, dari kegiatan ini diharapkan bisa mengurangi dan meminimalisir sampah plastik yang ada di sungai. Terlebih, menurut penelitian World Bank terdapat sebanyak 2,6 juta sampah per tahun yang mengarah ke lautan melalui sungai.

“Ecoton bersama The Body Shop dan Relawan Sungai Nusantara juga akan mengadakan kegiatan lanjutan ke Wonosalam dan Kali Marmoyo dalam minggu ini, untuk bersih-bersih pohon plastik sebagai cara kampanye lingkungan hidup ke masyarakat dan sebagai cara untuk menyadarkan pemerintah untuk bertanggung jawab atas kondisi sungainya dan menjalankan kewajibannya sesuai regulasi yang ditetapkan,” imbuh Alwi, mahasiswa Agribisnis Trunojoyo yang juga turut serta dalam kegiatan tersebut. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.