Klenteng Hong San Koo Tee Tiadakan Ibadah Imlek Bersama

Yovie Wicaksono - 11 February 2021
Pengunjung Melakukan Sembahyang di Klenteng Hong San Koo Tee, Surabaya, Senin (4/2/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Kemeriahan Tahun Baru Imlek yang biasanya sangat terasa, kali ini dirayakan dengan penuh kesederhanaan, mengingat situasi pandemi Covid-19.

Beberapa Klenteng di Surabaya tidak menggelar ibadah Imlek secara masal guna mencegah kerumunan. Salah satunya Klenteng Hong San Koo Tee di Jalan Cokroaminoto, Surabaya.

Pengurus Klenteng Hong San Koo Tee, Sudiman mengatakan, perayaan dengan Barongsai dan Dewa Rezeki yang biasanya membagi-bagikan angpao pada malam pergantian tahun China ditiadakan.

“Intinya semua tradisi yang berpotensi untuk membuat orang berkerumun untuk tahun ini tidak kita adakan,” ujarnya, Kamis (11/2/2021).

Meski begitu, ia menegaskan Klenteng Hong San Koo Tee tetap buka dan mempersilakan umat yang ingin bersembahyang dengan pedoman protokol kesehatan.

“Kita besok buka untuk umat datang sembahyang sendiri-sendiri mulai pukul 6 pagi sampai 7 malam dan nanti jumlahnya akan kita atur jangan sampai ada kerumunan,” ujarnya.

“Kalau lihat sudah mulai agak ramai kita akan stop. Orang datang akan kita kasih nomor antrian untuk duduk dulu di luar. Kalau ada yang keluar baru boleh masuk,” imbuhnya.

Tak lupa, di Tahun Kerbau Logam ini Sudiman berharap pandemi Covid-19 dapat segera berakhir agar semua bisa normal kembali dan ekonomi membaik. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.