Ketua Umum Dekopin Tekankan Pentingnya Kesejahteraan Para Nelayan

Yovie Wicaksono - 9 June 2022

SR, Sidoarjo – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Sri Untari Bisowarno membuka secara langsung kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) MINA di Aula Gedung Dekopinwil Jawa Timur, Rabu (8/6/2022).

Sebagai primer koperasi dibawah naungan Dekopinwil Jawa Timur yang bergerak dibidang perikanan dan kelautan, Untari memandang PUSKUD MINA sebagai koperasi yang didirikan atas sebuah cita-cita mulia. Yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan bagi para nelayan Indonesia, yang masih membutuhkan uluran tangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Panjenengan memiliki cita-cita yang sangat mulia untuk mewujudkan kesejahteraan bagi  para nelayan. Kita berusaha mengangkat kesejahteraan nelayan pinggir pantai, tetapi nanti kita tidak bisa sendiri, butuh kolaborasi dengan pemerintah daerah. Untuk itu saya siap memfasilitasi PUSKUD MINA untuk berkomunikasi dengan para kepala daerah,” kata Sri Untari.

Dia memandang, keberadaan PUSKUD MINA sebagai koperasi yang menaungi para nelayan harus bisa dioptimalkan kembali. Dengan harapan PUSKUD MINA kedepannya mampu menjadi wadah yang bisa mengakomodir kebutuhan daripada para nelayan anggotanya.

Sekaligus juga mampu untuk menjadi wadah yang berperan secara aktif memperjuangkan kesejahteraan para nelayan agar bisa mendapatkan kehidupan yang layak.

“Saya mau agar pendekar laut bisa berdiri dengan kokoh, yang bisa menghidupi keluarganya. Saya mau putra-putri panjenengan itu menjadi pendekar laut yang gagah perkasa, bagaimana laut kita itu bisa menjadi sumber kehidupan kita,” jelasnya.

“Jalesveva Jayamahe, dilautan kita akan berjaya apabila seluruh rakyat Indonesia bisa menikmati hasil kekayaan laut kita yang kaya ini,” tambah Sri Untari.

Sehingga untuk memperkuat PUSKUD MINA sebagai koperasi yang kokoh secara kelembagaan dan keuangan, Sri Untari memunculkan model kerjasama lintas koperasi yang bertujuan untuk menguatkan jejaring dan kolaborasi antara sesama gerakan koperasi.

Ketua Umum Koperasi SBW Malang tersebut menegaskan, kolaborasi lintas koperasi ini harus menjadi model kerjasama yang dipopulerkan saat ini. Sebab menurutnya, untuk bisa menjadi kekuatan yang dipandang, seluruh gerakan koperasi mampu untuk saling bekerjasama satu sama lain.

“Kalau kita bisa seperti itu, saya kira koperasi tidak akan dipandang sebelah mata. Sehingga kita bisa membangun kerjasama yang produktif dan efektif. Untuk apa? Untuk kemudian saling mengisi ruang-ruang kosong dari setiap koperasi,” pungkasnya. (*/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.