Jelang Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan PDI Perjuangan Surabaya

Yovie Wicaksono - 19 July 2021
Rapat koordinasi (rakor) secara virtual, Minggu (18/7/2021). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan Kota Surabaya terus mematangkan persiapannya.

Kepala BSPN PDI Perjuangan Kota Surabaya, Purwadi mengatakan, selain melakukan pendampingan membantu masyarakat selama pandemi Covid-19, partai juga memiliki tugas penting untuk melakukan langkah proaktif mempersiapkan Pemilu.

“DPC Partai sudah melakukan pendampingan masyarakat di masa pandemi dengan menyampaikan ide atau gagasan di media massa sampai dengan membantu masyarakat memperoleh akses bantuan dari Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Pusat. Namun, tugas kepartaian yang lain seperti persiapan menjelang Pemilu 2024 juga penting untuk kita lakukan. Pandemi bukan halangan, melainkan peluang BSPN berkonsolidasi,” ucapnya dalam rapat koordinasi (rakor) secara virtual, Minggu (18/7/2021).

Purwadi menambahkan, terkait saksi dan Regu Penggerak Pemilih (Guraklih) juga tengah dipersiapkan mulai dari jumlah, penempatan, hingga pelatihannya.

“Kalau merujuk pada peraturan partai, saksi yang harus disiapkan BSPN dan DPC Partai justru menjadi 40 ribu orang. Dan semua saksi tersebut tercatat sebagai anggota partai,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Organisasi DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

“Dengan berpikir positif dan bertindak positif dengan hati yang positif maka kita tidak ragu lagi untuk menyampaikan slogan kita, loyalitas tanpa batas,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pelatihan BSPN PDI Perjuangan Kota Surabaya, M. Irfan juga menyebut, persiapan ini memang perlu dilakukan untuk mengantisipasi sejak dini.

“Memang Pemilu 2024 masih lama, namun bagi kami waktu sampai 2024 sangat pendek. Karena berdasarkan pengalaman kami mulai dari monev saksi partai, rekrutmen saksi baru, pelatihan saksi, sampai dengan penugasan saksi membutuhkan waktu yang panjang. Apalagi pada bulan Februari 2024, Pilpres dan Pileg DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Surabaya dilakukan secara serentak,” kata Irfan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.