Inovasi Kuliner “Rujak Cingur Naga” Juaranya Festival Rujak Uleg 2024

Rudy Hartono - 27 May 2024
Staf Grand Swiss-Belhotel Darmo kenakan busana “Surabaya European Style” di era Victoria sambil menunjukkan karya sajian Rujak Cingur Naga yang spesial. (foto: istimewa)

SR, Surabaya – Menyambut hari jadi kota Surabaya ke 731 dan dalam upaya melestarikan kuliner khas, Pemerintah Kota Surabaya kembali menyelenggarakan Festival Rujak Uleg 2024. Acara yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara ini diselenggarakan pada 19 Mei 2024 di halaman Balai Kota Surabaya.

Acara ini cukup bergengsi dan meriah diikuti 432 peserta dari jajaran oganisasi perangkat daerah (OPD), komunitas, sekolah, hingga hotel. Grand Swiss-Belhotel Darmo tak mau ketinggalan, ikut memeriahkan festival dengan menjadi peserta Festival Rujak Uleg 2024.

Tema yang diangkat dalam kegiatan Festival Rujak Uleg 2024 adalah “The History of Rujak Cingur”. Penilaian kategori hotel terbagi dalam tiga poin yaitu 40 persen rasa, 30 persen tatanan dekorasi rujak dan 30 persen ide rujak.

Elemen rujak harus berisi cingur, lontong, tahu, tempe, mentimun, kangkung, taoge, kedondong/mangga muda, bengkoang, nanas, dan kacang panjang. Dalam pelaksanaan lomba,  peserta hotel diwajibkan untuk mempersiapkan dekorasi meja, kostum, dan yel yel dengan gerakan.

“Ini kali pertama Gran Swiss-Belhotel Darmo ikut Festival Rujak Uleg dan syukur alhamdulillah diakhir penjurian, kami meraih juara,” kata Diaz Yonadie, General Manager Grand Swiss-Belhotel Darmo.

Konsep busana dari tim Grand Swiss-Belhotel Darmo adalah “Surabaya European Style” di era victoria. Busana pria serta wanitanya diberi sentuhan modis topi lebar dengan bulu merak dan gaun lebar menjuntai sehingga tampilan lebih semarak.

Persiapan dilakukan dari pukul delapan pagi dengan menata meja, cobek jumbo, menampilkan rangkaian bahan-bahan segar serta berbagai ukiran ubi ungu, semangka, pepaya, wortel serta kombinasi tanaman hias. Pengerjaan ukiran buah dan sayur oleh tim ahli telah dilakukan intensif selama tiga hari sehingga bisa memberikan tampilan yang detail dengan kombinasi seronok warna cerah.

Rujak Cingur Naga, memasukkan kondimen buah naga dan saus buah naga pengganti petis ke dalam racikan rujak uleg menghasilkan rasa segar namun tetap membawa ke khasan kuliner Surabaya. (foto: istimewa)

Ketika penilaian juri dimulai tim secara sigap mempersiapkan seporsi rujak cingur kreasi bersama paduan bahan segar beserta saus istimewa yang telah diracik dengan kombinasi sari buah naga merah. Rasanya tetap otentik khas Surabaya namun ada kesegaran rasa manis unik dari buah naga, oleh sebab itu rujak ini dinamai “Rujak Cingur Naga”.

Inovasi cita rasa yang unik serta tampilan tatanan isi piring kreatif ini mengantarkan Grand Swiss-Belhotel Darmo meraih juara dua kategori kreasi rujak uleg pada Festival Rujak Uleg 2024 dengan persaingan lebih dari 30 hotel bergengsi di Surabaya. Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

“Kemenangan ini membawa kami untuk lebih dikenal masyarakat luas. Banyak yang menanyakan apakah menu rujak cingur naga bisa dinikmati oleh masykarakat umum, tentu saja bisa dengan datang langsung ke restoran kami Grand Kitchen di Grand Swiss-Belhotel Darmo,” terang Diaz.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Grand Swiss-Belhotel Darmo, silakan kunjungi www.swiss-belhotel.com, menghubungi WhatsApp di nomor +62 31 9954 3399 atau ikuti akun instagram @grandswissbelhoteldarmo. (*red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.