Ini Lima Program Prioritas Dinsos Jatim di 2021

Yovie Wicaksono - 28 January 2021
Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Alwi dan Sekretaris Dinsos Jatim, Restu Novi Widiani. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Dinas Sosial Provinsi Jatim memiliki lima program prioritas di tahun 2021 yakni Jatim Bebas Pasung, Jatim Social Care, Jatim Peduli Anak dan Perempuan, Jatim Home Care, serta Jatim Peduli Lansia dan Disabilitas. Guna menyukseskan program-program tersebut, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Alwi meminta agar persiapan dilakukan mulai dari sekarang.

“Tahun ini kita punya lima program prioritas dan sudah dilaporkan kepada ibu Gubernur Jatim. Kalau tidak dipersiapkan mulai dari sekarang, maka akan jadi beban,” ujar Alwi saat memimpin rapat bersama para pejabat Dinsos Jatim di aula gedung A kantor Dinsos Jatim, Rabu (27/1/2021).

Dalam acara yang juga diikuti UPT Dinsos Jatim secara virtual itu, Alwi juga menyampaikan bahwa mulai tahun ini ada perubahan kebijakan, yakni pemberlakuan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang dikelola Kementerian Dalam Negeri.

“Arahan dari ibu Gubernur Jatim, kita semua harus tahu SIPD, karena tingkat kesulitannya tinggi. Berbeda dengan sistem lama yang ada di provinsi. Misalnya ada perubahan lebih mudah diperbaiki. SIPD ada di Kemendagri, jadi tidak mudah. Maka, kata kuncinya, perencanaan harus bagus,” tegasnya.

Menyampaikan pesan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Alwi mengajak seluruh SDM Dinsos Jatim untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Dinsos Jatim bekerja. Salah satunya, melalui media sosial.

“Menurut ibu gubernur, saat ini media sosial menjadi media mainstream. Jika tidak mengoptimalkan publikasi kerja kita melalui media sosial, maka kita tenggelam. Ini juga menjadi bentuk pertanggungjawaban atas kewajiban kita kepada masyarakat,” tutur Alwi.

Di akhir arahannya, Alwi mengajak untuk menumbuhkan semangat kebersamaan seluruh SDM yang dimiliki Dinsos Jatim. 

“Tugas-tugas berat ini akan terasa ringan karena ada kebersamaan kita untuk menyelesaikan,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini, Sekretaris Dinsos Jatim Restu Novi Widiani, Kabid Linjamsos Ir Moehammad Anas, Kabid Pengembangan Penyelenggaraan Kesos Hoirun Nawalah MKes, Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Sufi Agustini, Kabid Rehabilitasi Sosial Sugiono, dan kepala seksi di masing-masing bidang. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.