Ingin Belanja Panci Murah? Disinilah Tempatnya

Yovie Wicaksono - 2 July 2022

SR, Pandaan – Wisata Panci di Jalan Taman Dayu, Dusun Sukorejo, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan menjadi salah satu destinasi favorit bagi para penggemar peralatan dapur dengan harga murah.

Di tempat ini, terdapat deretan toko yang menjual panci, wajan, mangkuk, tempat nasi, teko, gelas, piring, sendok, garpu, pisau, hingga alat penggorengan dari berbagai merk. Harganya pun cukup murah, mulai dari Rp 1.500.

Nuri Handayani pengunjung asal Surabaya, sudah dua kali datang ke tempat ini. “Saya sudah dua kali datang kesini. Awalnya karena penasaran setelah dikasih tahu teman-teman kantor. Begitu liat harga yang murah, sudah langsung punya langgan belanja panci,” ujarnya.

Sekadar informasi, wisata Kampung Panci tidak lepas dari ide kreatif dan ketekunan, Amin, warga setempat. Ia merintis usaha panci mulai 1990 dengan modal  Rp 200 ribu. Dari modal tersebut, usahanya terus berkembang dan kini sudah mempunyai puluhan karyawan.

“Semua barang yang ada di kampung panci ini berkualitas ekspor. Namun ada ukurannya, yakni kualitas 1, kualitas 2, dan BS. Untuk kualitas 1 itu kualitasnya sama dengan yang dijual di toko-toko besar dan mal-mal. Tapi bisa dibandingkan, harganya jauh lebih murah di sini,” kata Amin.

Pemilik UD Agung Fajar ini menambahkan, bila ingin barang dengan kualitas bagus, bisa membeli yang kualitas 1. Meski begitu,  bukan berarti barang KW2 dan BS tidak bagus. Menurutnya, barang KW2 dan BS, dijual sangat murah karena memiliki beberapa kekurangan pada cat atau ada beberapa aksesoris yang hilang.

“Misalnya, untuk teko yang BS, bedanya cuma tidak ada tutup pada bagian depan,” imbuhnya.

Wisata Panci memiliki keunikan tersendiri, karena memberi kesempatan kepada  penduduk setempat untuk bekerja maupun membuat perabotan rumah tangga khusus untuk dapur dengan catatan memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama.

 

Pengunjung yang datang ke Wisata Panci tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Mereka hanya dikenakan biaya parkir baik untuk kendaraan roda dua maupun mobil. (ra/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.