H-3 Lebaran, Penumpang Terminal Purabaya Meningkat 100 Persen

Yovie Wicaksono - 30 April 2022
Suasana di lorong Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo pada H-3 Lebaran, Jumat (29/4/2022). Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Sidoarjo – Peningkatan jumlah  penumpang mulai terlihat di Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo pada H-3 Lebaran, Jumat (29/4/2022).

Staf Administrasi Terminal Purabaya, Cipto Widiyanto mengatakan, hingga Jumat (29/4/2022) tercatat ada sekira 23 ribu pemberangkatan penumpang. 

Jumlah tersebut meningkat 100 persen dibanding hari biasa, dan diperkirakan  terus bertambah mendekati puncak arus mudik pada Jumat malam hingga Sabtu  (30/4/2022).

“Dari hari Rabu terjadi peningkatan 100 persen dari seluruh armada,” ucap Cipto Widiyanto.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi melonjaknya penumpang, pihaknya menyiapkan tambahan armada bus yang akan melayani selama periode mudik.

Total, ada 4000 unit bus dengan rincian, 3000 unit bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan 1000 unit bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Sampai saat ini, jurusan favorit untuk AKAP adalah Yogja, Solo. Kalau AKDP masih didominasi Blitar, Tulungagung, Kediri, Bangkalan,” ungkapnya.

Tingginya animo masyarakat untuk pulang ke kampung halaman juga dirasakan oleh para sopir bus di sana. 

Rudi, Kernet Bus Bagong jurusan Kediri Tulungagung menyebut, selama periode lebaran penghasilannya naik sampai 40 persen. Dalam sekali berangkat saja, ia dapat mengangkut hingga 50 orang penumpang. 

“Dibanding tahun lalu, sekarang penghasilan sudah agak meningkat. Untuk tarif bus Bagong juga tetap 20 ribu untuk Kediri dan Tulungagung 25 ribu,” ujarnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.